free hit counter code
Cara Cepat Membuat Kue Cubit Yang Paling Enak Kekinian

Cara Cepat Membuat Kue Cubit Yang Paling Enak Kekinian

Cara Cepat Membuat Kue Cubit Yang Paling Enak Kekinian

Resep kue cubit enak dan lembut - Assalamualaikum, hai para bunda kreatif setanah air, sebangsa dan seperjuangan dalam menyajikan masakan praktis yang enak dan lezat bagi keluarga dan orang spesial. Gimana? Udah nemuin makanan yang akan disajikan hari ini belum? Nah, bagi yang belum ataupun yang bosan dengan jenis makanan itu - itu mulu mari simak dulu nih informasi resep kue khas dari kota Bandung yaitu kue cubit. Kue cubit banyak loh macamnya contohnya saja ada kue cubit rainbow, kue cubit laba laba, resep kue cubit abang-abang yang diolah setengah matang dan ada pula kue cubit green tea dengan rasa yang dan lembut pastinya serta ada yang lebih modern lagi yaitu resep kue cubit red velvet.

Hai sobat bundo, sebenarnya cara membuat kue cubit laba laba yang dimana resep kue cubit tanpa mixer ini sangat mudah sekali untuk dibuat. Dengan rasa yang enak dan lembut serta dengan bentuk yang sederhana membuat kue yang aslinya ini adalah kue yang ndeso kata anak gaul jaman sekarang, mampu dihasilkan kue tradisional yang begitu modern. Karena banyaknya aneka resep kue cubit ini seperti di bandung membuat anak muda juga ketagihan untuk mencicipinya. Di bandung, tanpa cetakan kue cubit juga bisa membuatnya, bagaimana caranya bundo ? Nanti akan bundo jelaskan selengkapnya ya.

Selain rasa yang sudah bundo sebutkan diatas tadi, ternyata bukan itu saya. Banyak resep kue cubit yang memiliki varian rasa yang sungguh menarik, contoh dengan kue cubit rasa coklat, nangka, kue cubit taro dan lain sebagainya. Sajian sedap yang satu ini membuat nama bandung terkenal dikancah eropa dikarenakan kuliner ini. Untuk rasa kekinian, kue cubit sarang laba laba yang paling banyak diserbu pembeli karena tekstur yang lembut lumer di mulut. Original nya juga sama, nah sekarang bagaimana sih cara membuat kue cubit spesial dengan cara yang paling mudah ini bundo ? Dibuatnya di kukus atau bagaimana bundo ? Sabar ya bun, bundo belum puas nih menjelaskan tentang kue cubit ini. Apalagi jika kawan bundo ini pernah membeli margarin blueband, pasti pernah menemukan resep ini. Kue ala chef terkenal pun juga ada seperti idola bundo nih, farah quinn jika mau melihatnya silahkan ke blog farah quinn bundo. Bagi anda yang ingin mencobanya dan mencoba untuk dijual tidak salahnya untuk bereksperimen bersama bundo melakukan proses membuat kue yang empuk ini ya.
Baca juga resep kue bolu gulung
Ya, sebagian dari kita pasti mengenal makanan yang akan saya share ini, tapi juga pasti ada yang belum mengenalnya bukan. Kue ini memiliki nama yang unik dan lucu loh, dari namanya aja bisa membuat kita tertawa gemes gitu untuk menikmati rasanya. Langsung saja yuk kita bahas bagaimana cara membuat kue cubit sederhana dan mudah, untuk sementara ditulisan dulu ya. Besok jika ada waktu bundo bikin video youtube nya ya. Yuk langsung simak resep cara membuat kue yang mudah lumer dan paling enak serta praktis. Semuanya akan dirangkum dibawah ini ya kawan. Selamat membacanya dan silahkan untuk langsung mencoba. Dari tadi saya ngoceh mulu ya, pasti pada penasaran kan apa nama kue nya (walau pasti udah tau sih dengan judulnya) hehe. Benar, kali ini saya ingin berbagi resep masakan yang dinamakan kue cubit oleh orang Bandung. Kue cubit ini memiliki ciri khas dengan tekstur yang lembut.

Selain memiliki ciri khas bertekstur lembut, kue ini juga ditaburi mises diatasnya dan memiliki rasa manis yang menjadikannya sebagai jajanan tradisional khas kota Bandung. Selain itu, pada proses pembuatannya juga kue ini memiliki dua varian loh, ada yang membuatnya setengah matang dan juga ada yang matang. Malah yang setengah matang ini memiliki banyak penggemar. Tentu saja, semakin rendah tingkat kematangannya maka semakin lembut juga tekstur dari kue tersebut bukan. Sehingga ketika memakannya pun memiliki sensasi lembut dan melumer di mulut. Nah, sudah cukup cerita-cerita tentang kue nya, tentu Bunda-bunda sudah penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Untuk itu jangan kemana-mana, yuk kita simak mulai dari bahan dan proses pembuatannya.

Bahan Kue Cubit

  • 3 butir telur ayam
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin yang dilelehkan
  • 100 gram gula pasir
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ¼ sendok teh soda kue
  • Keju parut dan coklat mises secukupnya
  • ¼ sendok teh baking powder
Baca juga cara membuat kue cake

Cara Membuat Kue Cubit Yang Mudah

  • Pertama siapkan dulu wadah untuk adonannya
  • Kemudian kocok telur ayam dicampuri gula menggunakan mixer sehingga adonan mengembang dan berwarna putih.
  • Setelah adonan mengembang, silahkan masukkan tepung secara perlahan sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur rata.
  • Lalu campurkan juga margarin yang sudah dilelehkan tadi, bersamaan dengan soda kue dan baking powder
  • Setelah adonan tercampur rata, masukkan adonan kedalam wadah yang memiliki corong agar memudahkan kita untuk menuangnya kedalam cetakan nanti
  • Oleskan margarin pada cetakan dan kemudian panaskan, setelah panas silahkan tuangkan adonan kedalam cetakan, dengan takaran setengah dari cetakan tersebut, karena nanti kue akan mengembang.
  • Kemudian silahkan panggang adonan didalam oven hingga setengah matang.
  • Setelah itu taburi keju dan meises diatas adonan kemudian lanjutkan pemanggangan hingga kue benar-benar matang.
  • Jika ingin hasil setengah matang bisa disesuaikan saja.
  • Jika sudah, silahkan angkat kue dan silahkan sajikan selagi masih hangat tentu rasanya semakin enak dan lumer di mulut.

Nah, demikianlah pengenalan, bahan dan cara membuat kue cubit khas kota Bandung yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua. Proses pembuatannya dapat dikatakan mudah dan praktis kok, secara umumnya kue ini dipanaskan pada cetakan dan setelah matang diangkat dengan tusuk lidi ataupun penjepit. Seperti sate saja ya pakai tusuk-tusuk segala, apa kue ini sejenis sate berbentuk kue? Yang benar saja, saya cuma mengarang, hehe. Nah kawan bundo pastinya sudah puas bukan tentang cara membuat kue cubit dengan aneka rasa yang paling empuk, enak, lumer di mulut dan terpenting adalah mudah dalam membuatnya. Sekarang selamat menikmati kue yang sudah jadi ini ya bersama suami dan anak anda.
Baca juga resep kue cucur yang paling kekinian
Read More
Cara Mudah Membuat Kue Sagu Keju Yang Enak dan Renyah

Cara Mudah Membuat Kue Sagu Keju Yang Enak dan Renyah

Cara Mudah Membuat Kue Sagu Keju Yang Enak dan Renyah

Resep kue sagu keju yang enak dan renyah - Assalamualaikum kawan bundo, apa kabarnya orang-orang kreatif yang menjadi pembaca blog ini. Pada kesempatan ini saya akan bagikan tentang proses dan resep membuat kue sagu keju loh. Di ncc kue sagu ini pernah menjadi trending topic guys, banyak yang mencoba membagikannya seperti cara membuat kue sagu keju susu, resep kue sagu kelapa dan ada pula kue sagu semprit juga kue ring keju lembut. Biasanya sih kue sagu dibuat menggunakan santan, tapi ada juga loh yang membuat kue ini tanpa santan. Jika anda mengenal ny liem pasti tahu tentang kue ring keju lembut, dan resep itu akan kita bahas dipertemuan berikutnya.

Oya ngomong-ngomong ibu sudah pernah coba buat di rumah belum ? Atau ibu – ibu biasanya selalu beli di luar ya, beli dimana ? Di toko wisman, primarasa atau di ina cookies ? Biar tidak beli melulu, saya saranin mari simak tulisan baru berikut ini deh, supaya ibu – ibu dapat berkreasi di rumah masing-masing. Maka dari itu, sobat bunda tidak akan merasa rugi deh karena telah membaca artikel ini. Mari kita simak bagaimana sebenarnya resep kue sagu keju kraft ini guys, yuk baca selengkapnya.

Kue sagu keju ini umumnya menjadi salah satu jenis kue yang hampir selalu ada pada lebaran hari raya , bersamaan dengan kue kastengel dan kue nastar. Bahan utama kue ini yaitu dari tepung sagu, ibu tau kan dengan sagu ? Jika digigit maka akan lumer di dalam mulut kita. Yang di campur dengan parutan keju cheddar yang semakin menambah kelezatan kue ini. Selain kue sagu keju ada pula yang terbuat dengan campuran susu loh guys bahkan ada pula kue sagu coklat, kue sagu susu juga tidak kalah enaknya dengan sagu keju. Seperti yang ada di margarin blue band pasti ada nih tips resepnya, sama seperti resep ala bogasari.
Baca juga resep kue putri salju
Kue keju sagu termasuk ke dalam aneka resep kue kering loh dan mudah masuk angin, jadi kue ini tidak bisa bertahan lama. Oleh karena itu jika anda mau menggunakannya di hari lebaran, maka buatlah pas mendekati dengan hari lebaran, minimal H-5 bunda. Biasanya ketika menjelang hari raya, ibu – ibu udah pada sibuk tuh memasak masakan kue dan lain – lain untuk persiapan lebaran hari raya, dan itu jelas saya juga seperti itu hehe. Yang belum pernah coba buat kue ini silahkan deh bikin, simak bahan dan cara membuat kue sagu renyah berikut ini.

Bahan Kue Sagu Keju

  • Tepung sagu sebanyak 500 gram
  • Margarine sebanyak 150 gram
  • Gula halus atau gula tepung 150 gram
  • Kuning telur ayam sebanyak 2 butir
  • Keju cheddar (diparut) 200 gram
  • Santan kelapa kental 60 ml
  • Daun pandan (dicuci bersih) 1 lembar
Simak juga resep kue serabi

Cara Membuat Kue Sagu Keju

  • Pertama, sangrai tepung sagu dan daun pandan pada api kecil, sambil mengaduk – aduk agar adonan tidak gosong, kemudian sisihkan sejenak hingga dingin.
  • Lalu, siapkan satu wajan untuk tempat adonan.
  • Masukkan telur, margarine dan gula halus kedalam wajan yang sudah disiapkan. Kemudian, kocok adonan itu dengan mengunakan mixer sampai tercampur rata dan pucat hingga mengembang dan kental.
  • Kemudian, masukkan keju parut kedalam adonan yang dikocok tadi, kocok lagi dengan mixer hingga merata.
  • Selanjutnya, masukkan tepung sagu yang sudah disangrai lalu aduk lagi sampai tercampur rata sempurna, masukkan santan kedalam campuran adonan dan aduk lagi.
  • Setelah itu, masukkan adonan yang sudah jadi kedalam plastik segitiga yang sudah diisi sepuit bintang atau bunga di ujungnya.
  • Semprotkan adonan yang sudah dalam plastik ke atas loyang pipih yang sudah dioles margarine supaya tidak lengket.
  • Panggang dalam oven selama 20 - 25 menit atau sampai matang lalu dinginkan. Jika kuenya sudah dingin masukkan dan susun rapi didalam toples. Kue sagu keju siap untuk dihidang dan dinikmati.

Nah, itulah resep dan cara membuat kue kering sagu keju spesial yang renyah juga nikmat bun. Cukup jelas dan mudah kan bun ? Silahkan dicoba di rumah ya, semoga bermanfaat dan jangan lupa resep kita kali ini dibagikan ke sesama teman-teman grup atau teman kalian di dunia maya ataupun di dunia nyata, bisa menggunakan facebook, twitter, dan beberapa sosial media yang anda miliki. Hari ini adalah hari spesial bagi kalian, nikmati resep ini dan selamat mencoba.
Baca juga cara membuat kue apem yang paling lezat
Read More
Cara Sederhana Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Empuk

Cara Sederhana Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Empuk

Cara Sederhana Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Empuk

Resep kue cucur gula merah berserat pandan wangi - Assalamualaikum kawan bundo, ada yang tahu apa itu cucur ? Nah jika ada yang belum tahu, itulah yang akan kita bahasa guys. Kita akan membahas bagaimana cara membuat kue cucur berserat dengan resep nya yang menggunakan gula pasir atau putih dan ada pula kue cucur pandan yang enak dan empuk juga loh, pastinya berwarna hijau. Kue khas dari betawi ini biasanya sih menggunakan campuran gula merah, bukan dari kota jakarta saja di kota manado juga sama kawan.

Kue tradisional yang rasanya manis berbentuk bulat seperti lingkaran dan renyah pada bagian pinggirnya yang berasal Indonesia yang sampai saat ini masih banyak peminat kue ini loh. Dalam acara adat budaya tertentu kue ini wajib disajikan, namun beberapa daerah mungkin berbeda – beda seperti jakarta dan manado.
Baca juga cara membuat kue pancong paling lezat
Untuk membuat kue ini tidak memerlukan bahan yang banyak, namun pada saat pengerjaan nya ibu – ibu harus banyak bersabar, karena harus diolah satu – persatu. Sekarang kue ini sudah banyak di jual di pasar – pasar dan di warung – warung karena peminat kue ini lumayan lah banyak loh. Jika anda ingin membuatnya, pasti bunda disini mungkin akan mencarinya di internet dan pasti akan banyak menemukan berbagai resep kue cucur seperti resep kue cucur berserat pandan wangi dari forum ncc yang khas. Kue cucur seperti di jawa timur dan manado biasanya memiliki tektur yang empuk. Cara membuat kue cucur ini pun sangat mudah, tertarik untuk mencobanya?

Secara umum bahan dan resep membuat kue cucur yang enak ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan gula merah, dengan campuran air yang kemudian di goreng sedemikian rupa, kebayang kan bun ? buat ibu – ibu ada baiknya mencoba di rumah untuk di santap bersama keluarga. Beragam kue tradisional nusantara yang walaupun dengan bahan yang dan pembuatan yang sederhana tetapi kue ini menjadi salah satu favorit oleh sebagian orang. Belum tahu bagaimanan resep dan cara membuat kue cucur, langsung simak aja yuk tentang proses pembuatan nya segera.

Bahan Kue Cucur

  • Minyak goreng secukupnya
  • Air sebanyak 300 ml
  • Garam ¼ sendok teh
  • Daun pandan sebanyak 2 lembar
  • Gula merah 125 gram
  • Tepung beras 125 gram
  • Tepung terigu 30 gram
Baca juga: resep cake spekuk yang unik

Cara Membuat Kue Cucur Yang Enak

  • Pertama – tama rebus air sebanyak 300 ml kemudian tuangkan gula merah, masukkan daun pandan sambil mengaduk – aduk, setelah gula larut semua. saring hasil rebusan kemudia danbiarkan tetap hangat.
  • Selanjutnya, pada wadah yang berbeda campurkan tepung terigu, tepung beras dan garam tuangkan perlahan – lahan larutan gula sambil mengaduk–aduk hingga larutan gula habis.
  • Jika adonan sudah jadi, maka selanjutnya diamkan adonan sekitar 35 - 40 menit.
  • Panaskan minyak goreng secukupnya, sebaiknya menggunakan wajan baja agar hasil nya lebih maksimal, dan hasil gorengan matang hingga ke dalam.
  • Kemudian masukkan adonan cucur ke dalam wajan, lalu siram - siramkan minyak gorang ke adonan itu.
  • Lalu, perhatikan bagian pinggir cucur, jika sudah agak mongering tambahkan sedikit adonan ke bagian tengah cucur hingga membentuk gunung, dan siram – siram kembali.
  • Untuk menentukan cucur sudah matang atau belum, tusuk bagian tengah cucur dengan lidi atau dengan tusuk gigi. jika matang angkat dan sisihkan, lalu tuang adonan selanjutnya.
  • Jika cucur tadi sudah matang, ibu dapat mengangkat nya, dan kue cucur siap untuk di santap.

Mudah sekali kan bun setelah melihat proses dan cara membuat kue cucur yang enak dan empuk ini ? Secepatnya ya bun dicoba di rumah masing-masing, sambil berkarya dengan tangan mungil kita akan membuat rasa sayang suami menjadi bertambah loh, percaya deh! Selamat bereksperimen dan menikmati kue ini bersama keluarga tercinta, dan ingat resepnya silahkan dibagikan juga klik tombol share nya ya. Untuk pertemuan berikutnya akan admin bagikan resep kue cucuru bayao, apa itu kur cucuru bayao ? Tunggu saja resepnya di blog kue omek, semoga bermanfaat.
Baca juga resep kue pisang yang enak dan kenyal
Read More
Cara Mudah Membuat Kue Pancong Manis Khas Orang Betawi

Cara Mudah Membuat Kue Pancong Manis Khas Orang Betawi

Cara Mudah Membuat Kue Pancong Manis Khas Orang Betawi

Resep kue pancong asli betawi - Assalamualaikum sobat bundo, dan untuk ibu – ibu yang pintar memasak kue khususnya. Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi resep kue pancong tepung terigu. Kue ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pencinta masakan tradisional satu ini. Kue yang berasal dari orang betawi dan juga banyak penggemarnya di bekasi serta depok ini yang memiliki ragam kreasi dan rasa contohnya saja kue pancong balap guys, ada pula kue pancong setengah matang yang nanti juga akan dibahas disini, kue pancong dengan rasa keju dan coklat juga semua cara membuat kue pancong ini sangat mudah sekali tidak terkecuali untuk kue pancong keju loh. Bagi anda yang belum memiliki cetakan kue pancong, jangan khawatir karena anda juga bisa membuatnya tanpa cetakan.

Selain memiliki rasa yang enak dan gurih kue ini memiliki tekstur yang menarik hehe, karena kue ini terbuat dari bahan – bahan seperti santan , tepung beras , kelpa parut dan garam, kue ini dikenal dengan rasa yang gurih dan asin – asin sedikit yang berasal dari campuran bahan – bahan dan bumbu tadi. Kue pancong mirip dengan kue bandros yang ada di Bandung , perbedaan nya kue pancong rasanya lebih gurih dibanding kue bandros , cocok lo di santap sama keluarga saat santai apalgi ditemani kopi , teh dan lain-lain, wah sudah terasa ya euforia kue pancong di blog ini.

Tanpa terkecuali ibu – ibu dapat menyajikan kue pancong asal betawi ini di rumah untuk makanan ringan buat keluarga, karena cara membuat kue pancong pun cukup simple dan sederhana. Selain yang admin sebutkan diatas tentang jenisnya, ada beberapa kue yang bisa anda lihat resepnya di internet seperti resep kue pancong kelapa muda yang sangat manis dan enak rasanya dan bikin kue pancong ini pun sangat mudah. Sama seperti di daerah betawi, di bandung pun juga ada loh. Wow, sangat banyak sekali ya kota yang bisa membuatnya, ya jelas sobat dikarenakan adonan kue ini tidak ribet seperti kue lainnya dan selain terigu juga bisa menggunakan tepung beras untuk membuatnya. Bagi anda pecinta masakan, recomended banget nih untuk dicoba.
Lihat juga resep kue pukis yang paling lezat
Baiknya langsung aja kali ya daripada kelamaan, untuk menghilangkan rasa penasaran ibu, mari kita lihat bahan dan cara membuat kue pancong yang modern ditahun ini hehe.  Berikut resep membuat kue pancong yang terbuat dari tepung beras, jika ingin menggantinya dengan tepung terigu silahkan bunda. Meskipun nantinya berbeda tepung yang digunakan, tidak mengurangi bahan dan cara pengolahannya kok, jadi tinggal dipilih saja mau terigu apa tepung beras.

Bahan Kue Pancong

  • Santan kelapa sebanyak 600 ml.
  • Keju sesuai selera masing – masing.
  • Kelapa yang sudah di parut halus sebanyak 250 ml.
  • Garam sebanyak 1 sendok teh.
  • Tepung beras sebanyak 250 gram.
Baca juga: cara membuat kue sederhana

Cara Membuat Kue Pancong Manis

  • Langkah pertama ibu sipakan sebuah wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan nya.
  • Kemudian campurkan kelapa parut , garam , tepung beras , lalu aduk – aduk hingga tercampur rata di dalam wadah tadi.
  • Selanjutnya rebus santan kelapa yang telah di siapkan di atas di dalam panci hingga mendidih sambil mengaduk – aduk dengan menggunakan api sedang.
  • Jika sudah siap , diamkan sebentar agar santan lebih hangat.
  • Kemudian masukkan santan itu ke dalam wadah yang telah tercampur dengan tepung beras dan parutan kelapa tadi. sambil di aduk – aduk dengan tangan.
  • Pastikan adonan yang ibu buat tidak terlalu encer usahakan adonan agak kental , karena berpengaruh pada tekstur kue nantinya.
  • Terakhir ambil cetakan kue pancong , panaskan cetakan itu dengan mengolesi mentega secukupnya , agar nanti saat mengangkat kue tidak lengket pada cetakan.
  • Jika cetakan kue sudah panas , selanjutnya silahkan ibu tuang adonan kue pancong ke dalam cetakan yang telah di panaskan.
  • Sebaiknya ibu usahakan dalam menuang adonan kue pancong ke cetakan agar sampai penuh , agar ketika kue telah matang kue pancong dapat terhubung satu sama lain.
  • Next , tambahkan keju pada bagian atas kue sebagai toping nya.
  • Kemudian tunggu kue pancong hingga matang sempurna, tandanya warna kue pancong berubah kecoklat – cokelatan.
  • Jika sudah matang , angkat kue pancong ke dalam wadah yang ibu inginkan hehe, dan kue pancong siap dinikmati.

Itulah tentang cara pembuatan kue pancong yang nikmat dan praktis, semoga ibu – ibu di rumah semakin kreatif ya. Jangan lupa update terus resep kue terbaru dari bundo dan jangan lupa juga berbagi ke sesama teman yang ada di facebook, twitter serta jejaring sosial lainnya yang kalian miliki. Saran bundo sih, jangan pelit ilmu dan jangan pelit harta hihihi. Semoga tutorial hari ini bisa membantu kalian ya bunda, semoga bermanfaat loh, wassalam.
Simak juga resep kue mangkok
Read More
Cara Membuat Kue Putu Ayu Kukus Isi Gula Merah Yang Enak

Cara Membuat Kue Putu Ayu Kukus Isi Gula Merah Yang Enak

Cara Membuat Kue Putu Ayu Kukus Isi Gula Merah Yang Enak

Resep membuat kue putu ayu gula merah - Assalamualaikum semua kawan bundo, bagaimana sudah siap untuk mengeksekusi resep kue terbaru dari blog kue omek ini ? Langsung saja yuk kita bahas! Kue putu merupakan salah satu jenis jajanan makanan tradisional yang sangat identik dengan tataran sunda, dan banyak sekali dijumpai di beberapa daerah termasuk salah satunya kota bandung. Bahan utama untuk pembuatan kue putu ialah tepung beras yang didalamnya di isi dengan menggunakan racikan gula merah yang begitu lezat. Yang bundo tau tentang kue putu ini yaitu memiliki empat jenis kue putu, pertama kue putu ayu yang kita bahas ini, kedua kue putu mayang, kue putu piring, putu bambu dan terakhir kue putu belanda. Dari keempat jenis kue putu itu semua enak loh, hampir sama semuanya, bagaimana ? Mau mencoba ?

Resep kue putu ayu gula merah ini merupakan salah satu dari tulisan bundo tentang resep kue putu dan masih banyak lagi aneka resep kue putu ayu yang akan bundo tulis dihari kemudian. Bagi yang suka dengan kue putu mayang, kue putu bambu dan kue putu lainnya harap bersabar ya guys, satu-satu akan bundo tulis di blgo ini. Pada dasarnya tepung beras lah bahan dasar pembuatan dan pengolahan kue ini guys, mau dibuat ketan hitam, atau dengan bentuk bihun yang enak atau bisa saja kue putu dengan bentuk seperti mie bihun dan semua terbuat dari tepung beras juga kue putu mayang bihun sama! Namun kreasinya agak berbeda tergantung keinginan si pembuatnya. Nah untuk mengetahui resep kue putu ayu enak ini bundo pernah membaca tips dari forum ncc, yang dimana kue putu tersebut menjadi lembut dan terserah kita ingin menambahkan bahan coklat sehingga menjadi modern lagi atau tidak. Namun pada umumnya kue ini berwarna hijau pandan yang dibuat dengan cara sederhana yakni di kukus.
Simak cara membuat kue putri ayu
Hai guys, sudah tahu bagaimana sih bentuk dan tekstur kue putu ini ? Kue putu memiliki tekstur yang begitu menggoda mata dan juga lidah, sehingga banyak sekali orang yang sangat merindukan jajanan demikian ini. Kue putu ini memang memiliki warna yang cukup menggoda selera ditambah dengan rasanya yang manis dan juga sangat lezat, anda pernah mencoba kue putu kacang hijau ? Jika belum, tunggu di resep kue berikutnya ya. Alasan kue ini mengoda lidah dikarenakan rahasia dalam pembuatan kue putu bandung yang legendaris ini dipadukan dengan menggunakan racikan gula merah dan juga taburan toping kelapa parut ketika sudah matang.

Jika anda sedang jalan – jalan dan anda singgah di daerah sunda khususnya bandung, jangan sampai lupa anda harus mencoba jajanan yang legendaris ini sebab anda akan menyesal jika tidak mencobanya bahkan jika perlu belilah sebanyak-banyaknya guna oleh-oleh keluarga yang lain supaya mencobanya. Namun dari pada itu jika anda ketagihan anda tak perlu lagi jauh-jauh untuk datang kebandung hanya untuk membeli kue putu yang legendaris ini, sekarang anda bisa membuatnya dengan menggunakan resep di blog ini.

Cara membuat kue putu ayu kukus dari tepung beras yang enak dan lembut isi gula merah sederhana khas makassar dan bandung ini sangat mudah, sama dengan putu bambu atau tanpa bambu loh. Kita bisa mengolah bahan-bahannya tanpa mixer, jadi yang tidak mempunyai mixer jangan khawatir karena kita tidak mempersulit untuk membuatnya. Jika anda bosan dengan kue putu pandan ini, anda bisa mencoba cara membuat kue putu labu. Tidak tahu bagaimana membuatnya ? Makanya terus update resep kue dari bundo omek ya guys. Nah sekarang langsung saja kita eksekusi bahan dan cara membuat kue putu ayu gula merah berikut ini.

Bahan Baku Kue Putu

  • Tepung beras ketan putih sebanyak 250 gram
  • Gula pasir putih sebanyak 2 sendok teh
  • Pasta pandan seperlunya
  • Gula merah yang dihaluskan
  • Kelapa parut sebanyak 250 gram
  • Air putih sebanyak 150 ml
Baca resep kue leker yang paling lezat

Cara Membuat Kue Putu Ayu Gula Merah

  1. Campurkan bahan – bahan seperti tepung beras ketan putih, gula pasir, garam dan kelapa parut, aduklah sampai dengan merata
  2. Siapkan air dan juga pasta pandan yang telah diaduk rata
  3. Tuangkan campuran air putih dan juga pasta pandan tadi dengan cara sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung
  4. Aduklah dengan terus menerus bahan-bahan yang telah tercampur tadi sampai menjadi adonan yang gembur atau bertabur
  5. Siapkan bambu yang dengan ukuran kecil untuk dijadikan sebagai cetakan kue putu lalu olesi dengan sedikit minyak
  6. Isilah setengah cetakan dengan adonan kue tadi, lalu untuk bagian atasnya isi dengan menggunakan gula merah yang telah dihaluskan dan tutup atasnya dengan adonan kue lagi
  7. Lalu kukuslah adonan kue putu tadi kira-kira selama kurang lebih 10 menit
  8. Setelah 10 menit, lalu balikan posisi adonan kue tadi dan tunggulah kira - kira 10 menit
  9. Angkatlah dan keluarkan kue putu dari cetakannya, dan kemudian sajikan

Sajikanlah kue putu ini dengan menggunakan tambahan parutan kelapa yang banyak supaya menambah rasa yang gurih dan juga lezat dalam menyantapnya. Selesai sudah akhirnya membuat kue putu yang sangat manis dan juga lembut. Kue putu biasanya juga bisa anda jumpai di sekitar rumah anda. Dari orang – orang yang berjualan keliling sekitar rumah. Dari pada beli ya meskipun harganya perbiji seribu rupiah lebih baik kita membuatnya sendiri. Akan lebih irit dan juga akan lebih banyak kita bisa menikmati kue yang lezat satu ini. Demikianlah informasi tentang resep kue putu yang dapat saya sampaikan kepada anda semua. Semoga dengan tulisan ini bisa memberi petunjuk dalam membuat kue putu yang anda inginkan.
Baca juga resep kue lapis legit
Read More
Cara Simple Membuat Kue Biji Ketapang Gurih dan Renyah

Cara Simple Membuat Kue Biji Ketapang Gurih dan Renyah

Cara Simple Membuat Kue Biji Ketapang Gurih dan Renyah

Resep kue biji ketapang betawi - Ada berbagai macam variasi kue biji ketapang yang biasanya di sajikan. Anda semua pasti pernah mendengar resep biji ketang ncc atau resep kue biji ketapang keju. Seluruh variasi dari resep tersebut memiliki bahan pembuat yang hampir sama. Cara membuatnya juga hampir sama. Ada beberapa bahan tambahan yang akan membuat beda, misalnya tepung sagu, keju atau perenyah kue. Jika anda suka mencari resep kue biji ketapang renyah ini di internet, akan banyak sekali resep yang akan dihidangkan oleh google apalagi yang member ncc seperti resep kue biji ketapang keju atau dibuat tanpa kelapa, kue biji ketapang dengan rasa asin bagi yang suka cemilan asin dan sedikit tambahan wijen diatasnya serta ada pula resep kue biji ketapang manis yang renyah banget namun semua kue ini tergolong kue kering yang dibanyak dihidangkan pada saat lebaran tiba.

Sebenarnya tak ada yang mengetahui kenapa kue ini disebut biji ketapang. Padahal ketapang merupakan salah satu jenis tumbuhan. Kemungkinan karena memiliki bentuk mungil yang mirip dengan biji yang banyak orang menyebutnya seperti itu. Olahan seperti resep kue biji ketapang kacang tanah yang gurih khas betawi ini paling banyak dicari loh disaat lebaran tiba hanya untuk mengetahui bagaimana cara membuat kue biji ketapang gurih dan renyah yang akan dihidangkan di meja tamu. Tekstur yang renyah dan empuk membuat kue ini menjadi primadona bagi para tamu.
Coba juga: cara membuat kue garpu
Untuk membuat olahan biji ketapang ini tidak terlalu sulit. Bahan-bahannya juga mudah kita dapatkan di toko sekitar rumah. Namun masih banyak yang belum tahu cara yang benar dan bahan untuk resep ini, kebanyakan kita akan lebih senang membelinya daripada membuat sendiri. Untuk anda yang memiliki sedikit waktu dan berniat membuatnya sendiri di rumah, silahkan untuk membaca di bawah ini. Mau tahu bahan dan cara membuat kue biji ketapang manis dan renyah atau cara membuat kue kering biji ketapang yang asin, ya di blog bundo omek ini tempatnya.

Bahan Kue Biji Ketapang

  • Siapkan parutan buah kelapa kira-kira 150 gram. Pakailah buah kelapa yang setengah tua agar hasilnya nanti bisa renyah
  • Tepung terigu yang memiliki kadar protein sedang 400 gram. Ayaklah terlebih dahulu agar bisa halus
  • Telur ayam 1 butir
  • Gula pasir putih (jangan menggunakan gula pasir yang berwarna agak kekuningan) sebanyak 150 gram
  • Margarin (merk sesuai dengan selera, namun disarankan memakai salah satu merk terkenal dengan rasa lebih gurih) sebanyak 100 gram
  • Vanili secukupnya (sesuai selera)
  • Garam ber yodium 1 sendok kecil atau sendok teh
  • Minyak goreng sebanyak setengah liter atau sesuaikan dengan wajan yang akan digunakan untuk menggoreng.
Simak juga cara membuat kue coklat untuk lebaran

Cara Membuat Kue Biji Ketapang Renyah

  1. Pecahkan 1 butir telur ayam dalam wadah. Kocok dengan rata
  2. Masukkan 150 gram gula pasir putih, 1 sendok teh garam dapur dan juga vanili secukupnya. Campur ketiganya dengan kocokan telur hingga benar-benar tercampur rata
  3. Ambillah satu wadah lagi. Kemudian masukkan kelapa parut dan campur hingga rata dengan 400 gram tepung terigu protein sedang
  4. Masukkan campuran tepung wadah ke dua ke dalam adonan di wadah yang pertama. Campur seluruh bahan hingga rata
  5. Masukkan 100 gram margarin ke adonan utama. Campur dengan tangan atau di uleni sampai kalis
  6. Bentuklah adonan bulat memanjang. Potong adonan kecil-kecil dengan agak menyerong
  7. Panaskan minyak ke dalam wajan menggunakan api sedang
  8. Goreng kue hingga matang atau berwarna coklat muda. Ulangi sampai seluruh adonan habis.

Ternyata tak terlalu sulit bukan untuk membuat resep kue biji ketapang ini yang empuk dan juga gurih serta renyah. Cara membuat kue biji ketapang tanpa kelapa pun bisa anda bikin loh, lebih cepat lagi guys. Nah selain memanfaatkan waktu untuk mengisi kesibukkan anda, membuat sendiri kue tersebut dengan bentuk hampir sama dengan buah kemiri ini akan lebih hemat. Siapa tahu ada teman anda, keluarga ataupun tetangga yang tertarik dan memiliki niat untuk membelinya. Dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menambah penghasilan. Karena anda juga bisa menjualnya. Demikianlah informasi sedikit yang dapat saya bagikan kepada anda semua tentang resep kue biji ketapang. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Dan kita bisa berjumpa lagi dalam beberapa kesempatan untuk memberikan tips dan juga resep yang berikutnya, wassalam.
Baca juga resep kue nastar
Read More
Resep Bikin Kue Salju Lembut dan Renyah Lumer Di Mulut

Resep Bikin Kue Salju Lembut dan Renyah Lumer Di Mulut

Resep Bikin Kue Salju Lembut dan Renyah Lumer Di Mulut

Resep kue salju lembut dan renyah - Assalamualaikum dan selamat malam sobat pengunjung blog bundo, apa kabarnya nih? Semoga kita semua tetap diberikan kesehatan, amin. Kembali lagi dengan saya di acara 'asal', asli atau palsu hehehe enggak kawan, saya cuma bercanda. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi satu informasi resep kue yang cocok untuk menenami waktu santai keluarga dan juga cocok untuk menjadi salah satu menu hidangan lebaran diatas meja cantik sobat-sobat pengunjung. Kue tersebut sering disebut dengan kue salju panggang. Wah, dari namanya ada menggunakan salju pasti sobat-sobat membayangkan kue yang berwarna putih seperti salju dan lembut dan sering disebut dengan kue putri salju, pasti kalian sudah tahu kan ?

Resep kue salju beragam jika kita membelinya seperti merk fatmah bahalwan, nah resep kue kering dengan campuran keju ini pasti sangat lezat dan enak apalagi ditambahkan dengan kacang mete. Jika ingin membuatnya sendiri sangat mudah kok, yang pertama anda harus menyiapkan beberapa bahan lalu harus mengerti bagaimana cara membuat kue salju yang lembut dan sederhana ini kawan. Jika anda berselancar di internet pasti anda akan mendapatkan macam tulisan dari web atau blog seperti yang di blog keju kraf, blue band, ny liem, forum ncc dan lain sebagainya. Beragam pula kreasi mereka seperti kue salju pandan, kue salju keju dan seperti yang dibahas di blog ini tentang resep kue salju kacang tanah yang renyah, lembut dan spesial untuk kalian semua.
Disarankanresep kue nastar spesial
Mengapa kue ini dinamakan kue salju, ada yang bisa menjawab ? Benar, namanya menggunakan kata salju karena bentuk dan tekstur kue ini mirip dengan butiran salju yang lembut dan putih. Kue ini pada dasarnya memiliki tekstur lembut dan diselimuti gula tepung atau gula pasir yang telah dihaluskan seperti kesannya salju. Nah penasaran kan bagaimana cara membuat kue salju kacang ini kan? Untuk itu yuk simak langsung saja tanpa mukadimah panjang-panjang, berikut semua bahan dan resep cara membuat kue salju yang renyah, lembut dan enak.

Bahan Kue Salju

  • 500 gram mentega, lelehkan terlebih dahulu
  • 500 gram gula pasir, haluskan
  • 300 gram keju cheddar
  • 150 gram kacang tanah yang sudah dihaluskan
  • 5 butir telur ayam
  • ½ sendok teh garam
  • 50 gram tepung jagung atau maizena
  • 500 gram tepung terigu, ayak terlebih dahulu
  • ½ sendok teh vanili bubuk

Nah, mari-mari belanja kepasar, jangan lupa catat dulu list yang akan dibeli. Jangan sampai ada satu item yang tertinggal, karena kan repot juga jika ada yang ketinggalan dan harus mondar-mandir dari rumah ke pasar, terlebih lagi kalau jarak rumah ke pasar itu cukup jauh, pastinya bakal menguras tenaga dan waktu. So jangan lupa dicatat dulu ya list bahan-bahan yang diperlukan sobat. Yuk kita lanjut bagaimana cara membuat kue salju panggang yang lembut berikut ini :

Cara Membuat Kue Salju Sederhana

  1. Pertama-tama jangan lupa siapkan wadah untuk mengaduk adonannya terlebih dahulu, wadah yang bersih ya biar sehat.
  2. Kemudian masukkan telur, dan mentega kedalam wadah lalu aduk adonan hingga merata.
  3. Kemudian campurkan gula pasir yang telah dihaluskan sebelumnya kedalam campuran adonan telur dan mentega sambil diaduk-aduk hingga adonan tampak mengembang.
  4. Setelah adonan mengembang tuang garam dan vanilla bubuk lalu aduk kembali hingga adonan tercampur rata.
  5. Kemudian siapkan satu wadah lainnya, masukkan tepung jagung dan tepung terigu kedalam wadah lalu aduk hingga kedua tepung tercampur menjadi satu.
  6. Setelah itu, tuang campuran tepung tadi kedalam adonan telur dan mentega sebelumnya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan merata.
  7. Kemudian tuang keju parut dan kacang tanah yang telah dihaluskan kedalam adonan dan kembali aduk adonan, namun jangan mengaduknya dengan menggunakan mixer, cukup dengan sendok atau pengaduk adonan lainnya.
  8. Sementara itu siapkan Loyang yang telah diolesi margarin dan taburi tepung hingga merata terhadap Loyang, lalu panaskan Loyang sejenak, seperti biasanya berguna agar kue tidak lengket setelah matang nantinya.
  9. Jika sudah, silahkan bentuk atau cetak adonan berbentuk bulan sabit atau sesuka sobat tergantung kreasi masing-masing, susun rapi diatas Loyang.
  10. Jika semua adonan sudah disusun rapi diatas Loyang, panggang kue dengan menggunakan oven kurang lebih sekitar 30 menitan atau sampai kue salju matang.
  11. Setelah matang, angkat dan dinginkan sejenak
  12. Jika sudah dingin, taburi sisa gula pasir halus atau gula tepung diatas kue tersebut agar kesan salju yang ditimbulkan lebih mendetail.
Simak juga cara membuat kue pastel
Nah begitulah cara membuat kue salju renyah dengan cara di panggang sampai empuk yang bisa saya bagikan kepada sobat-sobat pengunjung, semoga informasi resep ini berguna dan bermanfaat bagi kita semua dan saya ucapkan selamat bereksperimen dan terimakasih telah mampir dan membaca dari awal hingga akhir artikel ini. Jangan lupa dibagikan ya artikel yang sudah bundo bagikan ini kepada teman-teman yang lainnya, bisa melalui facebook, twitter, instagram, path dan lain sebagainya. Selamat mencoba dan terus tunggu resep kue terbaru dari bundo omek, wassalam.
Baca juga resep kue garpu
Read More
Resep Membuat Kue Nastar Spesial Lebaran Yang Lembut

Resep Membuat Kue Nastar Spesial Lebaran Yang Lembut

Resep Membuat Kue Nastar Spesial Lebaran Yang Lembut

Resep kue nastar spesial lebaran - Assalamualaikum kawan bundo, saat menjelang lebaran atau acara nikahan pastinya banyak ibu rumah tangga yang siap-siap membuat kue untuk dihidangkan para tamu yang akan berkunjung ke rumah. Ada banyak sekali kue yang dibuat dan mempunyai rasa yang enak salah satunya ialah kue nastar. Saya yakin jika setiap rumah pasti membuat nastar karena memang kue ini cukup terkenal ketika lebaran. Pasti banyak dari kalian yang kini tidak asing mendengar kue yang satu ini kan. Kue nastar spesial bagi yang belum tahu ya, memiliki rasa keju dari keju kraft dan nastar nanas dengan tekstur yang renyah dan lembut serta kue kering primadona para tamu.

Pasti kalian juga ingin bisa dalam membuatnya sendiri dirumah bukan ? Makanya bundo hari ini membagikan resep membuat kue nastar keju spesial renyah lembut mudah untuk kalian semua. Sama seperti kue nastar yang dibuat oleh ny liem dan forum ncc serta yang dijual dengan merk wisman renyah. Jika kalian belum tahu bagaimana cara untuk membuatnya. Saat ini kalian bisa memperoleh berbagai informasi dengan melalui internet termasuk blog bundo ini kawan. Banyak sekali situs yang memberikan resep nya, silahkan aja dicari sendiri hihihi.
Resep populer: cara membuat kue lapis legit
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resep kue nastar spesial. Atau mungkin langsung saja untuk kalian yang sudah tak sabar lagi ingin mencoba membuatnya dan merasakan rasanya, saya akan memberikan cara membuat kue nastar spesial lebaran dengan rasa nanas yang enak dan juga lembut. Mari simak secara baik dan ikutilah langkah-langkahnya secara benar, supaya hasil yang akan didapat bisa maksimal dan juga bisa memuaskan para tamu yang datang ke rumah.

Bahan Isi Kue Nastar

  • Nanas 500 gram, diparut
  • Gula pasir 125 gram
  • Teh garam 1/8 sendok
  • Cengkeh 2 butir
  • Kayu manis 3 cm
  • Teh air jeruk lemon 1/2 sendok

Bahan Adonan Kue Nastar

  • Margarin 250 gram
  • Gula tepung 50 gram
  • Kuning telur 1 butir
  • Tepung terigu protein rendah 300 gram
  • Tepung maizena 30 gram
  • Susu bubuk 25 gram

Bahan Olesan Nastar

  • Kuning telur 2 butir
  • Susu cair 1 sendok teh
  • Madu 1/8 sendok teh
Baca juga cara membuat kue sagu

Cara Membuat Kue Nastar Spesial

  1. Membuat isi nastar, masaklah nanas hingga air meresap. Masukkan gula pasir, cengkeh, garam, dan kayu manis. Masak kembali hingga kering. Tambahkan air jeruk lemon. Aduk hingga rata dan dinginkan.
  2. Timbang masing-masing adonan kira-kira 3 gram dan sisihkan.
  3. Membuat kulit atau adonan nastar, kocok margarin dan gula tepung kurang lebih 1 menit. Masukkan kuning telur dan kocok sampai merata.
  4. Masukkan tepung maizena, tepung terigu, dan juga susu bubuk dengan diayak dan aduk rata.
  5. Ambil sebanyak 7 gram adonan kulit. Pipihkan berilah isi dan bungkus dengan bentuk bulat. Taruhlah di loyang yang diolesi margarin.
  6. Oven 15 menit dalam suhu 150 derajat Celsius. Olesi dengan bahan olesan. Oven kembali 15 menit dengan suhu 150 derajat Celsius hingga matang.
  7. Kue nastar yang lembut dan juga enak yang telah dibuat sudah dapat disajikan untuk para tamu.

Bagaimana ? Cukup simpel dan juga mudahkan untuk membuatnya. Dari pada anda harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli kue nastar dan rasanya juga belum bisa dijamin. Lebih baik kita membuat sendiri kue sesuai dengan selera yang kita inginkan. Kita nanti bisa mengukur sendiri kadar kelezatan dari kue yang kita buat nantinya. Apalagi jika akan disuguhkan dengan tamu yang spesial. Itulah tadi informasi tentang resep kue nastar spesial yang bisa saya bagikan kepada anda. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Dan selamat mencoba di rumah semoga berhasil dan mendapatkan rasa kue yang enak dan sesuai selera anda. Terima kasih.
Baca juga resep kue bolu gulung
Read More
Cara Sederhana Membuat Kue Garpu Yang Renyah Dan Gurih

Cara Sederhana Membuat Kue Garpu Yang Renyah Dan Gurih

Cara Sederhana Membuat Kue Garpu Yang Renyah Dan Gurih

Resep kue garpu manis renyah dan gurih - Assalamualaikum kawan bundo, kita bahas bagaimana cara membuat kue garpu yuk! Hidangan untuk kue garpu ini biasanya akan banyak kita temuiketika momen - momen tertentu tiba, seperti lebaran. Kue yang dengan nama atau sebutan berbeda di berbagai daerah ini selalu menjadi salah satu hidangan yang nikmat dan cukup banyak disertakan sebagai jenis kue kering yang istimewa ketika hari lebaran biasanya. Variasi dari kue ini beragam anda bisa mencoba resep kue garpu keju, kue garpu manis renyah dan gurih yang di goreng untuk membuat nya, kue garpu asin dan beberapa variasi dan rasa sederhana dari kue garpu ini, pokoknya enak banget deh kawan jika sudah mencicipinya.

Dalam beberapa daerah misalnya di daerah Semarang kue ini pada umumnya disebut dengan istilah kue klatak atau kletak. Disebut demikian karena bunyinya kletak - kletak yang terdengar sewaktu kita memakannya. Kemudian di Tasikmalaya Jawa Barat, kue yang satu ini disebut dengan istilah kue Kekewukan. Disebut demikian karena bentuknya yang mirip dengan kewuk atau siput laut. Akan tetapi apapun namanya, sajian yang lezat kue garpu ini mempunyai rasa yang sama yaitu nikmat dan juga bertekstur renyah. Menikmati hidangan kelezatan kue garpu akan lebih nikmat lagi apabila disajikan ditengah-tengah keluarga sambil mengobrol atau juga sambil menonton televisi.
Rekomendasi: cara membuat kue nastar
Selain itu, kue ini juga akan nikmat jika dijadikan pelengkap ketika menikmati satu mangkuk bakso atau bisa dijadikan taburan untuk menyantap mie instant yang hangat. Resep dan juga cara membuat kue garpu pada umumnya sangatlah sederhana, mau kue garpu rasa manis, asin dan campuran keju pasti sangat mudah. Pokoknya anda bisa membuat kue garpu ini sehingga hasilnya yang sangat renyah dan gurih, selain itu juga alat dan bahan yang dibutuhkan juga mudah kita jumpai, sehingga untuk anda yang menginginkan membuat sendiri sajian kue garpu kering. 😁

Kue garpu memang tak hanya bisa dibuat sajian dalam rangka menyambut hari lebaran saja, untuk anda yang ingin menikmatinya, pastinya anda bisa membuatnya kapan pun. Nah, dengan resep kue garpu pada kesempatan kali ini saya akan memandu anda terkait dengan membuat kue garpu yang lezat dan juga gurih. Berikut adalah resep cara membuat kue garpu renyah untuk kawan bundo semuanya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, bahan dan caranya langsung lihat dibawah ini guys.
Baca juga resep kue kering modern

Bahan Kue Garpu

  • Tepung kanji sebanyak 30 gram
  • Tepung terigu sebanyak 300 gram
  • Telur sebanyak 1 butir, dikocok lepas
  • Mentega sebanyak 30 gram yang dilelehkan
  • Garam sebanyak ¼ sendok teh (secukupnya)
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh
  • Minyak sebanyak 500 ml atau seperlunya
  • Daun bawang atau Seledri 1 batang, iris halus
  • Baking powder ¼ sendok teh (jika diperlukan)

Cara Membuat Kue Garpu Yang Renyah

  • Cara pertama yang anda lakukan adalah terlebih dahulu kita campurkan semua bahan misalnya tepung kanji, tepung terigu, irisan daun bawang, baking powder, kaldu bubuk dan juga garam lalu masukkan mentega cair dan aduk sampai dengan merata
  • Kemudian tambahkan telur yang telah dikocok dan uleni sampai menjadi kalis
  • Apabila adonan sudah menjadi kalis, siapkan garpu dan ambil sedikit adonan kemudian pipihkan diatas punggung garpu lalu gulung sampai ujung garpu. Lakukan hal yang serupa sampai adonan habis
  • Sesudah seluruh adonan dibentuk, berikutnya panaskan minyak dan goreng sampai kue garpu berubah warna menjadi coklat atau sampai matang dengan menggunakan api sedang. Angkat dan juga tiriskan
  • Tunggulah sampai dingin dan kemudian sajikan.

Nah, bagaimana? Dari sini cukup mudah dan sederhana bukan dalam membuatnya. Dengan membuat sendiri kita juga akan bisa membuat kue ini sesuai dengan keinginan dan juga selera yang kita inginkan. Kue garpu ini akan sangat nikmat disajikan. Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan untuk anda semua. Semoga tulisan saya di atas dapat membantu anda dalam menghidangkan kue garpu yang lezat dan enak di rumah anda, jangan lupa dibagikan resep ini ya guys agar kita bisa sama-sama belajar serta membagikan sedikit ilmu yang kita ketahui, terimakasih.
Baca juga resep kue coklat
Read More
Cara Simpel Membuat Kue Putri Ayu Yang Enak Tanpa Mixer

Cara Simpel Membuat Kue Putri Ayu Yang Enak Tanpa Mixer

Cara Simpel Membuat Kue Putri Ayu Yang Enak Tanpa Mixer

Resep kue putri ayu kukus pandan yang enak - Assalamualaikum sahabat dan kawan bundo, kita bahas tentang cara membuat kue putri ayu yuk. Kue ini merupakan salah satu aneka kue basah yang satu ini pastinya sudah pernah anda dengar, bahkan menjadi kue yang paling anda sukai. Sebelumnya bundo sudah pernah berbagi kepada anda tentang cara membuat kue nastar lembut, yang merupakan salah satu cookies yang paling terkenal saat lebaran tiba. Beragam aneka resep kue putu ayu atau kue putri ayu ini di internet yang bisa anda dapatkan ketika mengetikkan kue ini contohnya seperti kue putu ayu gula merah, putu ayu ketan hitam atau bentuknya seperti mie bihun, kue putri ayu kukus,  kue putu ayu pandan, putu ayu coklat yang lembut teksturnya dan enak rasanya meskipun sederhana dan ada pula kue putri ayu pelangi. Untuk membuat kue putri ayu ini sudah pernah dibahas disalah satu forum, mungkin kalian tahu forumnya yaitu ncc. Namun membahas bagaimana cara membuat kue putri ayu tanpa mixer dan dipadukan dengan bahan lainnya seperti keju.
Baca juga resep kue talam
Namun pada kesempatan kali ini, bundo akan berbagi tentang satu resep lagi yakni resep kue putri ayu, dimana kue ini adalah menjadi kue yang bundo sukai juga. Ciri asli dan khas bundo saat menyantap kue yang satu ini yang sering kali memakannya adalah parutan kelapa atau topping nya terlebih dahulu, baru kemudian kue lembut nya. Cara membuat kue putri ayu atau kue putu ayu kukus sangatlah mudah, mau adonan kue putu ini menggunakan atau tanpa santan. Biasanya variasi yang sudah tidak lazim lagi alias sudah tidak asing adalah kue putri ayu gula merah ataupun ketan hitam dan bahan adonannya terbuat dari tepung beras dan singkong. Bagi anda yang ingin mencari resepnya di youtube juga ada video nya loh kawan.

Kue putri ayu merupakan kue jenis basah yang asli dari Indonesia dengan rasa manis dan juga wangi pandan. Pada bagian atas ada parutan kelapa yang menjadikan rasa dari kue ini menjadi sedikit asin dan juga bercampur dengan manisnya pandan. Kue ini biasa dijual di pasar subuh yang ada di dekat rumah, Anda dapat mencobanya bila mau. Dibeberapa daerah yang lain kue ini juga sering kali disebut sebagai kue putu ayu, namun bentuk dan juga cara pembuatannya tak jauh berbeda, bahkan bisa dikatakan sama persis prosesnya. Kue ini biasanya wajib hadir dalam acara arisan keluarga atau saat buka puasa bersama, pasti Anda akan sangat setuju.

Tampilan dari kue ini akan sangat menggoda lidah dan juga nafsu, apabila Anda makan kue ini dengan cara membelinya, saat ini bundo akan mengajak Anda untuk belajar bagaimana cara untuk membuat kue putri ayu. Dan pastinya bundo juga akan membagikan resep kue putri ayu khusus bagi Anda pembaca setia. Berikut ini adalah tahapan demi tahapan yang harus Anda lakukan ketika akan membuat kue yang lembut ini, simak dengan teliti ya kawan tentang resep dan cara membuat kue putri ayu yang enak juga lembut berikut.

Bahan Kue Putri Ayu

  • Gula pasir sebanyak 75 gram
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Tepung terigu diayak 125 gram
  • 1 sendok teh garam
  • Pasta pandan segala jenis merk
  • Santan 100 ml, didihkan
  • Emulsifier sebanyak 1 sendok teh
  • Kelapa parut sesuai selera
  • Garam halus secukupnya untuk campuran kelapa parut
Rekomendasi: resep kue dari singkong

Cara Membuat Kue Putri Ayu

  1. Kocoklah bahan misalnya seperti gula pasir, telur, garam, dan emulsifier sehingga akan menjadi adonan yang mengembang.
  2. Tambahkan tepung terigu juga yang telah diayak, santan, dan pasta pandan kedalam adonannya. Campurkan sampai semua bahan bisa menyatu pada adonan.
  3. Siapkan cetakannya beberapa buah, isi kelapa parut yang sudah diberi campuran sedikit garam, beri tekanan agar padat.
  4. Tuangkan adonan ke dalam cetakan sampai memenuhi 3/4 cetakan.
  5. Kukuslah selama kurang lebih 15 menit, angkat dan keluarkan dari cetakan.
  6. Siapkan piring untuk menaruh kue, sajikan bersama dengan keluarga.

Kue putri ayu memiliki tekstur yang lembut dan empuk bila digigit, jadi sangatlah cocok jika dimakan oleh anak dibawah umur. Untuk pria yang sudah lansia dimana giginya sudah tidak kuat lagi untuk mengunyah makanan keras dapat mengganjal perutnya dengan kue yang satu ini pastinya. Resep cara membuat kue putri ayu dari tepung beras yang enak ini dapat Anda catat dalam buku supaya suatu saat ketika Anda menginginkan untuk membuatnya lagi tak perlu repot-repot lagi berselancar di Internet, hanya cukup ricek buku resep Anda. Demikianlah informasi tentang resep kue putri ayu yang bisa bundo bagikan, terima kasih.
Baca juga resep kue donat kentang
Read More
Resep Kue Paling Mudah Dari Singkong Gulung Isi Pisang

Resep Kue Paling Mudah Dari Singkong Gulung Isi Pisang

Resep Kue Paling Mudah Dari Singkong Gulung Isi Pisang

Resep kue dari singkong kukus gulung isi pisang - Assalamualaikum semuanya, lagi dan lagi masih bersama bundo omek yang akan membagikan cara membuat kue dari singkong. Pasti kalian tahu kan tentang salah satu jenis makanan pokok ini ? Singkong ternyata merupakan bahan makanan yang dapat diolah dengan berbagai macam pengolahan, baik itu dibuat menjadi kue yang sangat enak sekali ataupun dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan yang lainnya. Ada banyak variasi dari cara membuat kue singkong ini contohnya seperti kue singkong kukus ataupun kue dari singkong yang dibentuk dengan warna warni pelangi. Selain itu hasil dari resep kue ini bisa dibuat menjadi tape sehingga menjadi tape singkong dan ada pula kue singkong dibuat dengan cara hanya di rebus loh. Resep kue dari singkong juga ada yang lain seperti kue singkong kukus gulung pisang dan masih banyak lagi aneka resep kue dari singkong yang bisa anda kreasikan, nah itulah contoh - contoh kue dari bahan singkong guys.

Bicara tentang resep kue dari tape singkong yang sudah bundo sebutkan diatas tadi salah satunya, mungkin bisa anda coba. Bayangkan, singkong atau ubi yang belum diolah saja bisa dijadikan kue bisa diparut, direbus, di goreng bersama bahan lainnya seperti pisang. Nah kemudian, setelah dijadikan tape singkong bisa juga anda kreasikan menjadi kue. Wow, memang simpel banget kan bahannya ? Tapi hasilnya beragam kan ? Itulah kelebihan dari makanan tradisional yang dimana dengan satu bahan bisa dijadikan beberapa kreasi kue.
Baca juga: cara membuat kue brownies
Bicara tentang resep kue dari singkong, pada kesempatan kali ini akan kita dibuat menjadi sebuah kue yang cukup menarik dan juga unik dan tentu saja bahannya dari singkong atau ubi, terutama dengan mempunyai tampilan warna yang bermacam - macam seperti pelangi. Kue singkong kali ini akan saya kolaborasikan dengan menggunakan pisang tanduk sehingga kue yang satu ini dinamai dengan kue singkong isi pisang. Kue singkong yang berisi pisang ini termasuk dalam golongan jenis kue basah yang biasanya dihidangkan dengan menggunakan taburan kelapa parut sehingga akan membuat kue singkong ini menjadi lebih gurih lagi.

Kue basah yang satu ini mempunyai citarasa manis dan juga pas, juga memiliki rasa gurih karena ada taburan kelapa parutnya. Makanan jenis ini biasa dihidangkan sebagai salah satu camilan santai ataupun saat kedatangan tamu sebagai sajian istimewa nya. Anda kini bisa membuat kue yang satu ini dengan olahan tangan sendiri, sebab proses nya yang begitu mudah dan juga sederhana. Oya perlu anda ketahui juga kawan dari cara membuat kue dari singkong ini, kue talam dan bolu singkong yang ditambahkan dengan keju dan semuanya dibuat dari ubi atau singkong ya. Nah bagaimana sih cara membuat kue singkong dengan isi pisang ini guys ? Langsung saja yuk semua kita simak dari bahan singkong yang bisa di kukus, rebus dan di parut ? Berikut adalah salah satu aneka resep kue yang terbuat dari singkong yakni dengan campuran bahan pisang, mari kita eksekusi resepnya dibawah ini.

Bahan Kue Singkong Isi Pisang

  • Singkong yang berkualitas baik sebanyak 1 kilogram
  • Pisang tanduk secukupnya (sesuai kebutuhan)
  • Pewarna makanan warna hijau pandan secukupnya (atau sesuai dengan selera)
  • Pasta vanili sebanyak 1/2 sendok teh
  • Air bersih sebanyak 200 ml
  • Gula pasir sebanyak 200 gram
  • Garam halus sebanyak 1/2 sendok teh

Bahan Lapisan Kue Singkong

  • Kelapa parut sebanyak 500 gram
  • Garam sebanyak 1/2 sendok teh
  • Daun pandan sebanyak 1 lembar
Baca juga cara membuat kue talam

Cara Membuat Kue Dari Singkong

  • Siapkan seluruh singkong yang akan dibuat
  • Kupas kulit singkong kemudian cucilah dengan menggunakan air sampai bersih
  • Parutlah singkong yang telah dibersihkan, lalu peras dan buanglah airnya
  • Campurkan seluruh bahan tadi, kemudian aduk sampai tercampur dengan merata sambil diuleni dengan menggunakan tangan supaya seluruh bahannya bisa tercampur dengan sempurna
  • Simpanlah adonan di tempat - tempat yang datar kemudian pipihkan agar nanti mudah untuk membungkus pisangnya
  • Letakkan pisang tanduk yang telah dikupas kulitnya kemudian simpanlah diatas adonan di bagian pinggir
  • Gulung adonan yang telah terisi pisang kemudian kukuslah sampai matang selama kurang lebih 45 menit
  • Sambil menunggu kue sampai matang siapkan juga dengan bahan lapisan luar
  • Campurkan seluruh bahan lapisan kemudian kukuslah selama kurang lebih 5 menit
  • Angkatlah kue yang sudah matang tadi kemudian siap untuk dipotong melingkar atau sesuai dengan selera yang anda inginkan. Baluri dengan menggunakan kelapa parut kue yang telah dipotong dan siap untuk dinikmati.

Sangat mudah dan juga sederhana bukan dalam proses dan resep cara membuat kue dari singkong isi pisang ini. Silahkan anda untuk mencoba dirumah dan silahkan untuk menikmati bersama teman atau keluarga anda. Mungkin bagi anda yang akan mencoba kue ini akan terus ketagihan karena rasanya. Demikianlah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Semoga bermanfaat.
Simak juga resep kue pastel
Read More
Resep Lengkap Membuat Kue Pastel Kering Yang Paling Renyah

Resep Lengkap Membuat Kue Pastel Kering Yang Paling Renyah

Resep Lengkap Membuat Kue Pastel Kering Yang Paling Renyah

Resep kue pastel kering isi abon yang renyah dan gurih - Assalamualaikum semua kawan bundo dimanapun berada, apa kabarnya kalian semua dan bagaimana resep kue yang kemarin yaitu cara membuat kue talam ? Pasti sudah dicoba bukan ? Nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat kue pastel, kue yang dengan sebutan pastel ini sangat fleksibel, mau diolah untuk jenis pastel basah maupun pastel kering yang renyah. Ini semua juga tergantung dari isi dan juga cara akhir dalam memasaknya, jika di isi dengan menggunakan sayuran, atau telur, dapat menjadi pastel basah. Selain itu ada resep kue pastel goreng yang mungkin kalian pernah membacanya di kumpulan resep kue di google dan beberapa tips resep yang telah dibagikan para blogger lainnya secara sederhana.

Nah untuk kali ini bundo akan berbagi bagaimana cara membuat kue pastel kering dengan cara di goreng renyah bukan kue pastel basah ya kawan. Tips resep kue pastel basah akan bundo bagikan dilain waktu, jadi anda tinggal menunggu saja update resep terbaru dari saya. Kue pastel sederhana banyak dijual di pasar tradisional ataupun di toko dengan bentuk yang mini. Kadang jika anda ke pasar atau ke warung pasti anda juga akan menemukan kue pastel yang di isi dengan kentang tetapi kalau lebaran pastelnya banyak dibuat dengan bentuk mini dan kering, pasti tahu dong rasanya enak tuh. Nah di resep kue terbaru ini bundo akan membagikan resep kue pastel yang bisa anda coba di rumah. Atau apabila ingin kering, biasanya di isi dengan menggunakan abon, dan digoreng sampai kering. Terkait dengan isinya, pada umumnya pastel diisi dengan telur, ayam, bihun, dan juga wortel. Bisa juga daging sayuran, kentang, ataupun tomat, tergantung dari variasi yang disukai.
Baca juga: Resep kue leker
Makanan ini biasanya sangat disukai anak - anak, dan untungnya pastel ini bergizi bila dilihat dari isinya. Biasanya ada tiga tahapan dalam membuat pastel, yakni membuat kulit, dan isi, tetapi disini kita akan memberikan yang ketiga yakni saus atau sesuai pilihan. Untuk kulit Anda dapat membeli yang sudah siap untuk dipakai, bila merasa terlalu ribet dalam membuat sendiri. Maka disini saya akan membagikan kepada anda semua tentang resep kue pastel yang digoreng dengan isi lengkap yang enak. Cara membuat pastel goreng dengan aneka isi ini sangat mudah tetapi berbeda dengan kue pastel kering akan lebih mudah lagi. Proses pertama biasanya membuat kulit pastel yang renyah dahulu dan biasanya menggunakan telur atau tanpa telur kawan. Cara membuat kulit pastel juga sangat mudah bisa di goreng langsung, nah isi nya bisa di isi abon juga loh. Sekarang bagaimanakah resep cara membuat kue pastel yang renyah dan enak ini, dan bagaimana pula membuat pastel mini ? Untuk mini tinggal bentuknya saja dikecilkan menggunakan alat cetaknya sobat, gampang bukan ? Langsung saja bagaimana sih cara membuat kue pastel isi sayuran dan beberapa isi yang lengkap ?

Bahan Membuat Kulit Pastel

  • Tepung terigu biasa atau protein sedang 1/4 kilogram
  • Telur ayam 1 butir
  • Margarin 3 sendok makan 1/2 sendok teh garam
  • Air sebanyak 60 ml
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan Isi Kue Pastel

  • 1 buah wortel dipotong dengan kecil-kecil atau diparut kasar
  • Rebus 3 butir telur, masing-masing dibagi menjadi 4 bagian
  • 1/2 dada ayam fillet, rebus dan suwir-suwir 1/4 kilogram bihun, siram dengan air panas kemudian tiriskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 3/4 garam halus atau secukupnya

Bumbu Kue Pastel Dihaluskan

  • Bawang merah 7 buah
  • Bawang putih 6 siung
  • Sambal bangkok 2 sendok makan
  • Sambal belibis 1 sendok makan
  • Air matang 1 sendok makan
Baca juga resep kue nastar yang paling lembut

Cara membuat Kue Pastel

  • Panaskan minyak sebentar, lalu tumis bumbu yang dihaluskan sampai mucul aroma harum
  • Masukkan wortel dan juga ayam yang telah di suwir-suwir, aduk sampai wortel menjadi setengah layu
  • Masukkan garam, merica, gula, dan masak sampai matang
  • Ketika akan diangkat, masukkan bihun, kemudian Aduk sampai merata.

Cara Membuat Kulit Pastel Yang Renyah

  • Kocok telur sebentar saja, lalu masukkan seluruh bahan kulit, aduklah asalkan semua tercampur dengan rata
  • Bentuklah adonan tersebut menjadi tipis dengan mengunakan gilingan mie
  • Anda bisa memulai dari ketebalan nomor 1 dengan yang paling tebal
  • Lalu giling kembali sampai ketebalan yang paling tipis atau nomer 5
  • Cetaklah dengan menggunakan cetakan kulit pastel. Dengan menggunakan gilingan kayu juga bisa, yang terpenting usahakan rata dan tipis
  • Setelah kulit tadi selesai, masukkanlah bagian isi yang sudah ditumis tadi, kemudian tambahkan sepotong telur
  • Lipat dan pilin pada bagian tepinya
  • Sekarang panaskan minyak goreng (secukupnya) sampai menjadi panas betul, kemudian matikan apinya, dan masukkan pastel, kemudian aduk-aduklah
  • Sesudah itu nyalakanlah kompor lagi dengan api yang kecil saja, goreng pastel sampai matang, sajikan dengan sausnya, akan lebih nikmat

Demikianlah tadi sedikit tentang resep cara membuat kue pastel kering yang renyah dan enak banget, bisa kawan - kawan coba di rumah masing - masing ya. Nah hanya itulah untuk hari ini yang dapat saya bagikan kepada anda semuanya kawan. Semoga apa yang saya tulis tadi bisa bermanfaat untuk anda semua. Semoga bisa menginspirasi dan terima kasih sudah sudi untuk membaca artikel atau tips membuat kue pastel yang begitu lezat ini. Jangan lupa share ke facebook, twitter, path, instagram, dan beberapa sosmed yang kalian miliki sobat, wassalam.
Terpopuler: resep kue donat kentang ala JCo
Read More
Cara Mudah Membuat Kue Talam Yang Super Lezat Di Lidah

Cara Mudah Membuat Kue Talam Yang Super Lezat Di Lidah

Cara Mudah Membuat Kue Talam Yang Super Lezat Di Lidah

Resep kue talam - Assalamualaikum kawan bundo dimanapun anda berada saat ini, pertama kali bundo ingin berbagi mengenai kue basah yang sangat lezat ini diolah dengan berbagai macam olahan kue talam contohnya seperti kue talam ubi ungu atau singkong, pandan, labu kuning, jagung, resep kue talam  jagung, hijau, ketan, ubi kayu, resep kue talam ebi, gula merah dan kentang hingga resep kue talam pisang dan pastinya dibuat dengan tepung beras guys. Kue mungil yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi untuk anda. Di Indonesia telah ada banyak sekali versi kue talam sebenenarnya, tapi pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan resep kue talam original dengan tanpa variasi. Rasa yang manis legit dipadu dengan gurihnya santan berpadu kuat di kue yang satu ini.

Karena memang kuatnya rasa yang gurih manis itulah, kue talam seharusnya disajikan dalam porsi mangkok atau potongan yang kecil atau finger food. Sehingga tidak akan menyebabkan rasa eneg bila dikonsumsi terlalu banyak. Dalam membuat kue ini tidak membutuhkan bahan-bahan yang rumit. Hampir seluruh bahan bakunya bisa ditemukan di pasar tradisional. Waktu yang dibutuhkan juga tak terlalu lama. Dalam waktu kurang lebih dari satu jam, anda sudah bisa menyajikannya untuk keluarga. Selain menyajikan untuk snack keluarga, kue talam juga bisa disajikan sebagai kue suguhan untuk acara arisan atau acara yang lainnya.

Kue talam, merupakan salah satu aneka kue basah yang sudah menjadi favorit bagi sebagian orang. Ya, hal tersebut mungkin karena tekstur lembut yang dimiliki oleh kue ini. Jadi tak heran bila banyak yang suka dengan kue ini. Kue yang satu ini sangatlah terkenal, terlebih lagi jika di waktu bulan puasa. Jadi sekarang anda harus mengetahui cara membuat kue talam ubi, singkong, kue talam hijau dan cara membuat kue talam pisang melalui artikel yang bundo kasih ini guys. Yuk, kalian semua pasti penasaran nih cara untuk membuat kue yang satu ini . Saya akan membagikan resep kue talam yang lezat untuk anda semua. Berikut ulasannya:

Bahan Kue Talam

  • Ubi jalar merah 250 gram
  • Tepung beras 150 gram
  • Tepung sagu 100 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Vanili 1 bungkus
  • Santan encer 450 ml
  • Panas 200 ml air
  • Garam secukupnya

Bahan Membuat Kue Talam

  • Santan kental 350 gram
  • Tepung beras 50 gram
  • Tepung sagu 30 gram
  • Vanili 1 bungkus
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Talam

  • Masukkan seluruh bahan pertama dan kedua ke dalam wadah yang berukuran sedang, lalu aduklah sampai tercampur dengan rata dan sisihkan. Sesudah itu, kukus ubi jalar merah sampai dengan matang, lalu kupas dan haluskan.
  • Tempatkan dalam wadah yang berbeda, masukkan tepung beras dan juga air panas. Sambil diaduk, kemudian masukkan juga ubi jalar merah, tepung sagu, santan cair, gula pasir, vanili dan juga garam, lalu aduklah kembali sampai tercampur rata. Bila adonan sudah terasa kental, tambahkan lagi air secukupnya dan pastikan adonan tiak mengental. Anda dapat menggunakan mixer untuk mengaduknya.
  • Panaskan terlebih dahulu pengukus, lalu olesi cetakan cake dengan menggunakan sedikit minyak goreng. Kemudian setelah itu, masukkanlah 3/4 adonan dan juga bahan I ke dalam cetakan dan kukus sampai adonan menjadi kaku.
  • Lebih gampangnya begini, sesudah 15 menit adonan ke II dimasukkan, anda dapat menusukkan lidi pada adonannya, bila tidak ada adonan yang menempel di lidi, ini artinya cakenya sudah matang. Lalu jangan lupa, saat mengukus kasih serbert, agar uap air tak jatuh ke dalam adonan.
  • Lakukanlah step yang keempat tadi sampai adonan menjadi habis. Keluarkanlah cakenya yang sudah matang dari cetakan, dan kue talam pun telah siap untuk disantap bersama dengan keluarga tercinta.

Demikianlah tadi resep cara membuat kue talam yang dapat anda coba di rumah, jangan lupa dipraktekkan di rumah ya guys. Setelah membahas kue ini, maka dilain waktu nanti bundo akan coba mengajak anda untuk membahas gambar resep tentang kue lainnya. Jadi jangan kemana - mana ya, tetap setia di blog bundo ini ya kawan. Bagikan resep yang sudah bundo bagi ini ke facebook, twitter, instagram dan sosial media yang kawan miliki. Jadi mulai sekarang, tetap update resep - resep kue yang telah bundo bagikan untuk kalian semua, semoga bermanfaat dan anda menjadi ketagihan untuk membaca resep ini, salam.
Read More
Cara Mudah Membuat Kue Leker Crispy Sederhana Yang Renyah

Cara Mudah Membuat Kue Leker Crispy Sederhana Yang Renyah

Cara Mudah Membuat Kue Leker Crispy Sederhana Yang Renyah

Resep kue leker renyah dan crispy - Kue leker merupakan salah satu kue khas tradisional yang termasuk kue jajanan pasar khas dari Indonesia. Bentuk dari kue ini memang biasa - biasa saja, bentuknya kurang begitu menarik dan sederhana namun rasanya tak se sederhana bentuknya. Pada kenyataannya meskipun kue leker tak begitu terkenal karna kuliner ini merupakan kuliner yang langka, namun tetap saja banyak masyarakat yang mencari keberadaan kue leker sebab kuliner yang ini memang susah untuk diperoleh. Resep kue leker garing dan kering ini biasanya orang lebih suka daripada kue leker basah karena lebih renyah di gigit. Resep yang sederhana dari kue leker ini yang paling terkenal adalah resep kue leker paimo karena sekali gigit pasti crispy banget pokoknya. Seperti yang sudah dibahas ketika bundo masuk ke forum kuliner ncc yang membahas bagaimana cara membuat kue leker tersebut, baik basah maupun kue leker kering.

Karena kebanyakan kue leker dijual ditempat - tempat tertentu misalnya di mall - mall pada umumnya, dan kue leker merupakan sebutan yang diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti lezat. Kue yang satu ini memang mempunyai rasa yang cukup lezat dan mampu bersaing dengan kue - kue impor yang lainnya. Seiringnya dengan waktu yang berjalan, saat ini kue leker tak hanya dijual di mall - mall saja, namun saat ini telah banyak kue leker yang berkeliling dan anda juga akan lebih mudah dalam mendapatkannya dimana - mana khususnya di daerah solo dan semarang.
Baca juga cara membuat kue lumpur
Namun, jika anda membutuhkan kue ini dalam jumlah yang besar. Lebih baik anda membuatnya sendiri dari pada anda harus mengeluarkan uang yang banyak. Karena selain biaya yang akan anda keluarkan lebih sedikit. Pastinya anda juga akan mendapatkan rasa yang lebih spesial jika dibandingkan dengan membeli. Cara membuat kue leker crispy dan renyah ini sangat sederhana sekali karena anda bisa mendapatkan bahan dan caranya dengan sangat mudah, bisa di internet ataupun langsung dari blog bundo ini kawan. Anda juga bisa menambahkan buah pisang untuk membuat kue leker pisang loh, anda juga bisa menambahkan coklat di dalam adonan pisangnya sehingga menjadi kue leker kering dengan pisang coklat yang biasanya adonan ini dibuat dan terkenal di semarang. Berminat untuk mencobanya ? Nah, maka dari itu disini saya akan membagikan beberapa resep kue leker yang mudah dan gampang dalam proses pembuatannya. Berikut simaklah ulasan saya yang ada dibawah ini:

Bahan Kue leker

  • 150 gram tepung terigu
  • 200 gram tepung beras
  • Tepung kanji atau tepung tapioka sebanyak 50 gram
  • Baking powder sebanyak 2 sendok teh
  • Telur sebanyak 2 butir, yang telah dikocok
  • Butter sebanyak 2 sendok makan, kita lelehkan
  • Susu cair sebanyak 500 ml
  • Vanili sebanyak 2 sendok teh
Baca juga resep kue lebaran terbaru

Cara membuat Kue Leker

  • Pertama – tama kita siapkan terlebih dahulu wadah lalu masukan tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, baking powder dan vanili bubuk. Lalu kita campurkan dan aduk - aduk semua sampai semua bahan bisa menyatu dan rata dan kita sisihkan sebentar
  • Di dalam wadah yang lain kita campurkan seluruh bahan cairan misalnya susu, margarin yang telah dilelehkan dan telur yang telah dikocok, lalu kita aduk - aduk sampai bahan tersebut menyatu dan merata
  • Selanjutnya kita campurkan kedua bahan campuran tadi di dalam satu wadah dan kita aduk - aduk lagi sampai rata dan lembut sampai menjadi adonan yang licin
  • Berikutnya kita tuangkan seluruh adonan kedalam wajan anti lengket yang sudah dipanaskan
  • Tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur dengan diratakan kemudian kita masak adonan hingga kering dan terlihat crispy, lalu angkat, kemudian kita beri taburan toping sesuai dengan selera anda contohnya keju, coklat meises, susu, dan lain - lainnya dan sekarang kue leker sudah siap untuk disajikan.

Ternyata cara untuk membuat kue leker tak terlalu susah bukan? Apabila anda sudah terbiasa untuk membuatnya, maka akan terasa lebih mudah dan juga sederhana, sajikan kue leker sebagai salah satu hidangan cemilan untuk kelurga anda. Demikianlah informasi tentang resep kue leker yang bisa saya bagikan kepada anda semua. Semoga ini bisa bermanfaat dan semoga percobaan anda dalam membuatnya berhasil, jangan lupa dibagikan ke facebook dan twitter kawan semua ya, terima kasih.
Baca juga resep kue mangkok
Read More
Cara Mudah Membuat Kue Dorayaki Sederhana Ala Doraemon

Cara Mudah Membuat Kue Dorayaki Sederhana Ala Doraemon

Cara Mudah Membuat Kue Dorayaki Sederhana Ala Doraemon

Resep kue dorayaki sederhana – Assalamualaikum kawan bundo yang ada di Jepang hehe, nah kali ini kita akan membahas negara tersebut. Jepang yang merupakan salah satu negara yang terkenal dengan anime dan juga kartunnya. Salah satu kartun yang telah terkenal di seluruh dunia ialah kartu doraemon ditonton setiap minggu pagi oleh adek - adek ataupun anak kita sendiri. Doraemon merupakan robot kucing dimasa depan yang membantu Nobita. Ada makanan istimewa yang menjadi favorit yang digemari oleh doraemon yakni doriyaki. Dorayaki termasuk salah satu jenis makanan tradisional Jepang, kue ini banyak sekali disukai oleh masyarakat Jepang sebab rasanya yang cukup enak dan mempunyai tekstur yang lembut.

Resep kue dorayaki yang sederhana isi coklat, jenis itu kebanyakan yang kita ketahui bersama, benar kan kawan ? Kue dorayaki ala farah quinn juga biasanya dibuat dengan rasa coklat dan hal itu sudah dibahas di forum kuliner ncc tentang dorayaki. Untuk membuat kue dorayaki yang enak ini sebenarnya sangat gampang, jadi jika anda ingin mencoba dorayaki asli jepang anda tidak perlu lagi untuk pergi ke jepang dan anda bisa membuatnya sendiri dengan kreasi anda sendiri. Bisa anda buat dengan bentuk dorayaki mini yang lembut dan teksturnya lembut dengan hanya melihat tutorial ini serta anda pula juga membuat se simpel mungkin dalam mengkreasikan kue milik doraemon ini hingga empuk tanpa isi, bisa sajakan ?

Cara membuat kue dorayaki doraemon yang seperti kita lihat pada kartun itu berwarna coklat dan biasanya ber isi coklat di dalamnya. Nah untuk membuat dorayaki yang enak bukan saja di isi dengan coklat melainkan bisa di isi keju loh, apalagi di era modern ini bisa kita kreasikan dengan berbagai isi. Nah bagimanakah resep cara membuat kue yang satu ini ? Langsung simak yuk dibawah ini kawan, baca dengan teliti dan pergi ke dapur untuk mencobanya. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan resep kue dorayaki, jadi apabila kalian penasaran ingin merasakan rasa kue yang satu ini, kalian dapat membuatnya dirumah. Saya yakin tak sedikit orang yang penasaran dengan rasa kue yang satu ini, atau bahkan ada orang yang tak percaya bahwasanya dorayaki itu tidak ada, karena itu hanyalah makanan yang ada di dalam film kartun saja.

Mungkin disini langsung saja untuk kalian yang memang sudah penasaran ingin untuk mencoba rasa kue dorayaki dan juga merasakan rasanya saya akan berikan resepnya. Simaklah dengan baik dan lakukan langkahnya dengan benar agar hasil yang nantinya akan kalian dapatkan bisa maksimal dan juga memuaskan perut kalian.

Bahan Kue Dorayaki

  • Kacang merah sebanyak 200 gram
  • Gula pasir sebanyak 250 gram
  • Garam (sedikit saja)
Baca juga resep kue nastar lembut

Bahan Kulit Dorayaki

  • Telur sebanyak 3 butir
  • Gula pasir sebanyak 100 gram
  • Tepung terigu protein sedang (cake flour) sebanyak 150 gram
  • Madu sebanyak 1 sdm
  • Air putih sebanyak 40~60 ml
  • Baking powder (atau soda kue) sebanyak 1/3 sendok teh

Cara Membuat Selai Kacang Merah

  • Cucilah kacang merah kemudian rendam di dalam air selama kurang lebih satu malam
  • Lalu rebuslah kacang merah yang telah direndam tadi di dalam air sampai teksturnya lunak (sekitar kurang lebih 60 menit)
  • Tambahkan garam dan juga gula pasir, kemudian aduklah hingga merata
  • Dan yang terakhir adalah rebuslah sampai mengental
Simak juga resep kue serabi

Cara Membuat Kue Dorayaki

  • Ambillah tepung terigu lalu di ayak, sesudah itu aduklah dengan baking powder sampai merata
  • Kemudian masukkan bahan kulit tadi ke dalam media baskom dengan urutan memasukkan bahan sebagai berikut; telur, gula, madu, dan terakhir tepung terigu yang kemudian dicampurkan juga dengan baking powder (adonan kulit)
  • Sesudah itu, aduklah adonan kulit dengan menggunakan alat pengocok yang ditambahkan dengan air putih sedikit demi sedikit supaya adonannya tidak terlalu lunak
  • Kemudian, diamkan adonan kulit yang ditutup tadi dengan menggunakan plastik pembungkus di dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit
  • Sesudah itu, panaskan kembali teflon anti lengket itu lalu olesi dengan minyak goreng
  • Sesudah itu tuangkan adonan kulit ke dalam wadah penggorengan dengan ukuran diameter yakni kurang lebih sekitar 10 cm, kemudian tutup dan panggang dengan menggunakan api takaran kecil
  • Tunggulah sampai muncul gelembung-gelembung pada permukaannya. Kemudian balikkan dan panggang kembali kulitnya sebentar, kemudian angkat
  • Ambil kedua kulit, kemudian oleskan salah satunya dengan memakai selai kacang merah. Sesudah itu tutup dengan memakai kulit lainnya sampai menyerupai burger, lalu sajikan.

Nah kawan, demikianlah tadi resep cara kue dorayaki yang sederhana dan cukup mudah. Terima kasih sudah sudi untuk membaca secara lengkap artikel resep yang bundo bagikan ini kawan. Jangan lupa ya untuk besok bundo juga akan kembali berbagi resep yang tidak kalah seru dan enaknya dengan kue hari ini. Nah untuk selalu mengetahui update terbaru dari blog ini, kawan bisa selalu melihat blog ini setiap hari. Jangan lupa juga setelah anda membaca dan mempraktekkan, anda bisa membagikan resep ini melalui jejaring sosial yang kawan semua miliki, selamat berbagi.
Baca juga resep kue pisang
Read More
Cara Membuat Kue Nastar Lembut Yang Lumer Di Mulut

Cara Membuat Kue Nastar Lembut Yang Lumer Di Mulut

Cara Membuat Kue Nastar Lembut Yang Lumer Di Mulut

Resep kue nastar nanas lembut dan renyah - Berbicara mengenai kue memang sudah tidak asing lagi untuk kita. Kue merupakan makanan yang bisa dengan mudah kita temukan disekitar kita. Nah kue nastar merupakan salah satu kue yang bisa kita temukan dengan mudah ada disekitar kita. Kue Nastar ini merupakan salah satu kue yang kini sangat mudah sekali ditemukan dipasaran, karena kue ini memiliki banyak sekali penggemar. Kue ini tidak hanya menyuguhkan rasa yang gurih dan renyah saja, akan tetapi ada juga nastar yang memadukan rasa gurih dan manis yang ada pada kuenya. Akan tetapi tidak banyak kue nastar yang menyuguhkan sensasi lembut dan lumer pada saat Anda memasukkannya di mulut.

Kue ini disukai oleh masyarakat Indonesia karena kelembutan dan gurihnya yang tentunya ini sangat sesuai dengan lidah orang - orang Indonesia. Nah kali ini kami akan berbagai mengenai resep dari kue tersebut. Banyak sekali resep kue nastar lembut yang bisa anda baca di internet termasuk kue nastar nanas lembut yang bundo tulis yang lumer di mulut. Kue kering nastar ini selain teksturnya lembut dan renyah juga wangi loh. Berbagi rasa dalam karyanya contohnya dengan menambahkan keju spesial sehingga menjadi nastar yang renyah, empuk, lembut dan mudah mudah membuatnya serta enak rasanya.
Baca juga resep kue sus kering
Bagaimana sekarang kawan bundo, apakah sudah ingin mencoba cara membuat kue nastar lembut ini ? Jadi anda jangan kemana - mana, tetap di blog bundo ya guys. Untuk menghasilkan kue nastar yang renyah lembut dan enak itu sangat mudah. Untuk kalian semua bundo tulis resep yang sangat spesial khusus para kawan bundo. Oya untuk kue nastar keju sudah bundo bagikan pada artikel kue nastar sebelumnya, jadi yang empuk - empuk dengan rasa keju sudah ditulis tinggal anda praktekkan di dapur kesayangan. Sekarang langsung saja kita praktekkan tentang kue nastar lembut dan renyah satu ini guys, selamat mencoba berikut bahan dan resep membuat kue nastar lembut itu.

Bahan Kue Nastar

  • Gula halus 90 gram
  • Mentega 150 gram
  • 100 gram margarin
  • 50 gram susu bubuk
  • 350 gram tepung terigu
  • 3 butir kuning telur ayam
  • 1 sendok teh vanili

Bahan Olesan Nastar

  • Minyak goreng sebanyak 1 sendok teh
  • Air sebanyak 1 sendok teh
  • Madu ½ sendok teh
  • Kuning telur 2 butir
Baca juga resep kue bolu gulung

Bahan Membuat Selai Nanas

  • 1 buah nanas, dihaluskan
  • 3 butir cengkeh haluskan
  • 2 batang kayu manis, dan
  • 200 gram gula pasir

Nah, pastinya bahan-bahan yang ada diatas sangat mudah untuk Anda temukan. kemudian setelah Anda sudah menyiapkan beberapa bahan yang sudah saya sebutkan diatas maka Anda bisa memasaknya dengan cara membuat kue nastar yang lembut berikut ini dibawah:
Baca juga cara membuat kue pie

Cara Membuat Kue Nastar Yang Lembut

  • Siapkan bahan yang Anda butuhkan seperti halnya diatas tadi.
  • Kemudian selanjutnya Anda campurkan mentega, gula halus, margarine, vanili dan kemudian Anda aduk sampai merata dengan menggunakan mixer.
  • Langkah berikutnya Andabisa memasukkan kuning telur satu persati dalam keadaan Anda aduk adonan sampai tercampur rata.
  • Masukkan tepung terigu dan susu bubuk sedikit-sedikit saja, dan selanjutnya Ana aduk menggunakan spatula.
  • Jika sudah Anda aduk adonan tersebut kemudian diamkan selama 1 jam setelah Anda membungkusnya dengan menggunakan plastik.
  • Anda buat selai nanas. Caranya yaitu Anda memasak nanas, cengkeh dan juga kayiu manis. Tunggulah sampai adonan Anda tersebut bisa lengket, baru kemudian Anda bisa menambahkan gula pasir. Dalam hal ini aduk sampai benar - benar habis. Berikutnya dinginkan dan bentuk selai menjadi bulatan kecil.
  • Nah setelah Anda diamkan, kemudian gilas adonan tersebut sesuai dengan ketebalan sesuai dengan yang Anda inginkan dan kemudian jangan lupa untuk Anda mengisi adonan tersebut dengan menggunakan selai nanas yang sudah Anda dinginkan. Bentuk kue tersebut menjadi bulat-bulat seperti apel mini.
  • Selanjutnya Anda taruh kue yang sudah Anda bentuk ada di Loyang kemudian jangan lupa untuk Anda memberinya jarak satu dengan lainnya.
  • Anda panggang kue selama 20 menit yaitu pada suhu 150 derajat saja.
  • Lalu selanjutnya Anda keluarkan kuenya dari oven, olesi kue dan jangan Anda memanggang kue matang dan warnanya kecoklatan.
  • Anda tunggu sampai kue tersebut benar-benar dingin dan setelah dingin maka Anda bisa menatanya pada toples. Selanjutnya kue bisa untuk Anda nikmati atau sajikan.

Nah sobat, tentunya resep dan cara membuat kue nastar nanas yang lembut renyah dan empuk serta enak diatas itu akan sangat membantu Anda dalam membuat kue nastar itu kawan. Semoga bermanfaat untuk semuanya, jangan lupa ikuti terus resep kue terbaru dari bundo omek ya, silahkan berbagi tulisan ini melalui jejaring sosial kamu dan dapatkan manfaatnya dalam blog - blog bundo. Jangan lupa bahwa besok bundo juga akan berbagi cara dan tips yang tidak kalah enaknya dengan kue ini, tunggu saja.
Simak juga resep kue donat kentang
Read More