free hit counter code

Resep Kue Bawang Enak dan Gurih

Resep Kue Bawang Enak dan Gurih

Halo sobat pengunjung dimanapun berada, dari sabang sampai merauke tanpa terkecuali saya ucapkan salam dan semoga sehat selalu. Sebentar lagi lebaran idul adha ni atau yang biasanya kita sebut lebaran haji, tapi bukan berarti lebaran hanya buat orang yang haji saja ya, heheh. Lebaran haji identik dengan potong hewan qurban, sebagian masyarakat islam Indonesia ada yang menyajikan hidangan berupa kue dirumah masing-masing seperti di hari lebaran idul fitri, namun ada juga yang tidak seperti itu. Semua tergantung kebiasaan dan lingkungan masing-masing saja. Tapi bagaimana dengan lingkungan sobat, apakah juga ikut-ikutan menghidangkan makanan seperti kue lebaran di rumah masing-masing, atau malah enggak.

Tapi rasanya juga kurang efisien, karena biasanya kunjungan-kunjungan silaturahmi pada hari lebaran idul adha tidak seramai lebaran idul fitri, ya salah satu faktornya emang terbatasnya hari libur kerja ataupun sekolah. Biasanya sih hari libur idul adha hanya dihabiskan untuk keluarga dan sanak saudara terdekat. Jadi ya wajar saja menghidangkan kue disaat lebaran haji tidak sewajib lebaran idul fitri. Namun setidaknya adalah suatu menu yang bisa dihidangkan disaat kumpul keluarga ataupun silaturahmi sanak saudara terdekat.

Bingung mikirin makanan apa yang praktis, enak dan tidak terlalu rumit membuatnya sebagai hidangan lebaran idul adha nanti? Nah, saya punya satu jenis makanan yang sudah familiar menjadi hidangan wajib di hari-hari besar seperti lebaran ni sobat. Makanan itu adalah kue bawang, wah pada sorak sorai ya, tak kirain apaan rupanya kue bawang, heheh. Tapi iya loh, kue bawang termasuk makanan wajib yang harus dihidangkan di hari lebaran, gak semua rumah sih, tapi sebagian besar begitu, salah satunya rumah saya dan kebetulan saya juga penggeman kue bawang, heheh malah jadi curhat.
Resep Kue lapis Warna Warni ala Ibu-Ibu Arisan
Sesuai dengan namanya, kue bawang bukan berarti bawang yang di kukus atau di panggang ya sobat. Haha lucu sekali kalau kita mikir kue bawang seperti itu. Kue bawang itu sendiri merupakan kue yang berbahan dari tepung terigu dan beberapa bawang merah dan putih sebagai ciri khas dari kue itu sendiri. Nah penasaran bagaimana cara membuat kue bawang dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan? Yuk mari dah simak informasi berikut ini :

Bahan yang diperlukan :

1. 200 gram tepung terigu, kalau bisa yang berprotein rendah

2. 100 gram bawang merah, hancurkan kasar dan kemudian parut terlebih dahulu

3. 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan

4. 20 gram tepung tapioca

5. 30 gram margarin yang telah dilelehkan

6. 1 butir telur ayam

7. 2 helai daun seledri, cincang-cincang kasar terlebih dahulu

8. 1 bungkus royco rasa ayam

9. ½ sdt baking powder

10. Garam secukupnya

11. 2 sdm santan kelapa, berguna untuk membuat kue bawang menjadi lebih gurih

12. Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat kue bawang :

1. Siapkan terlebih dahulu wadah bersih, kemudian masukkan tepung terigu, bawang merah dan bawang putih kedalam wadah kemudian aduk-aduk sedikit.

2. Lalu campurkan tepung tapioka, telur dan margarin yang telah dilelehkan, seledri, baking powder, garam dan santan kelapa kedalam adonan sambil tetap di aduk-aduk hingga rata

3. Jika adonan sudah rata, taburi royco rasa ayam sebagai penyedap rasa, bisa disesuaikan takarannya tergantung selera masing-masing. Dan kembali aduk adonan hingga merata.
Resep Membuat Kue Nastar Spesial Lebaran Yang Lembut
4. Jika sudah, tipiskan adonan menggunakan lampia atau alat penggiling mie dengan ketebalan kurang lebih ½ cm, setelah itu pipihkan adonan dan bentuk sesuai selera.

5. Kemudian goreng adonan yang telah dibentuk hingga berwarna keemasan atau matang.



Nah begitulah proses pembuatan kue bawang, semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Kue Bawang Enak dan Gurih"

Post a Comment