free hit counter code

Cara Mudah Membuat Kue Pancong Manis Khas Orang Betawi

Cara Mudah Membuat Kue Pancong Manis Khas Orang Betawi

Resep kue pancong asli betawi - Assalamualaikum sobat bundo, dan untuk ibu – ibu yang pintar memasak kue khususnya. Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi resep kue pancong tepung terigu. Kue ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pencinta masakan tradisional satu ini. Kue yang berasal dari orang betawi dan juga banyak penggemarnya di bekasi serta depok ini yang memiliki ragam kreasi dan rasa contohnya saja kue pancong balap guys, ada pula kue pancong setengah matang yang nanti juga akan dibahas disini, kue pancong dengan rasa keju dan coklat juga semua cara membuat kue pancong ini sangat mudah sekali tidak terkecuali untuk kue pancong keju loh. Bagi anda yang belum memiliki cetakan kue pancong, jangan khawatir karena anda juga bisa membuatnya tanpa cetakan.

Selain memiliki rasa yang enak dan gurih kue ini memiliki tekstur yang menarik hehe, karena kue ini terbuat dari bahan – bahan seperti santan , tepung beras , kelpa parut dan garam, kue ini dikenal dengan rasa yang gurih dan asin – asin sedikit yang berasal dari campuran bahan – bahan dan bumbu tadi. Kue pancong mirip dengan kue bandros yang ada di Bandung , perbedaan nya kue pancong rasanya lebih gurih dibanding kue bandros , cocok lo di santap sama keluarga saat santai apalgi ditemani kopi , teh dan lain-lain, wah sudah terasa ya euforia kue pancong di blog ini.

Tanpa terkecuali ibu – ibu dapat menyajikan kue pancong asal betawi ini di rumah untuk makanan ringan buat keluarga, karena cara membuat kue pancong pun cukup simple dan sederhana. Selain yang admin sebutkan diatas tentang jenisnya, ada beberapa kue yang bisa anda lihat resepnya di internet seperti resep kue pancong kelapa muda yang sangat manis dan enak rasanya dan bikin kue pancong ini pun sangat mudah. Sama seperti di daerah betawi, di bandung pun juga ada loh. Wow, sangat banyak sekali ya kota yang bisa membuatnya, ya jelas sobat dikarenakan adonan kue ini tidak ribet seperti kue lainnya dan selain terigu juga bisa menggunakan tepung beras untuk membuatnya. Bagi anda pecinta masakan, recomended banget nih untuk dicoba.
Lihat juga resep kue pukis yang paling lezat
Baiknya langsung aja kali ya daripada kelamaan, untuk menghilangkan rasa penasaran ibu, mari kita lihat bahan dan cara membuat kue pancong yang modern ditahun ini hehe.  Berikut resep membuat kue pancong yang terbuat dari tepung beras, jika ingin menggantinya dengan tepung terigu silahkan bunda. Meskipun nantinya berbeda tepung yang digunakan, tidak mengurangi bahan dan cara pengolahannya kok, jadi tinggal dipilih saja mau terigu apa tepung beras.

Bahan Kue Pancong

  • Santan kelapa sebanyak 600 ml.
  • Keju sesuai selera masing – masing.
  • Kelapa yang sudah di parut halus sebanyak 250 ml.
  • Garam sebanyak 1 sendok teh.
  • Tepung beras sebanyak 250 gram.
Baca juga: cara membuat kue sederhana

Cara Membuat Kue Pancong Manis

  • Langkah pertama ibu sipakan sebuah wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan nya.
  • Kemudian campurkan kelapa parut , garam , tepung beras , lalu aduk – aduk hingga tercampur rata di dalam wadah tadi.
  • Selanjutnya rebus santan kelapa yang telah di siapkan di atas di dalam panci hingga mendidih sambil mengaduk – aduk dengan menggunakan api sedang.
  • Jika sudah siap , diamkan sebentar agar santan lebih hangat.
  • Kemudian masukkan santan itu ke dalam wadah yang telah tercampur dengan tepung beras dan parutan kelapa tadi. sambil di aduk – aduk dengan tangan.
  • Pastikan adonan yang ibu buat tidak terlalu encer usahakan adonan agak kental , karena berpengaruh pada tekstur kue nantinya.
  • Terakhir ambil cetakan kue pancong , panaskan cetakan itu dengan mengolesi mentega secukupnya , agar nanti saat mengangkat kue tidak lengket pada cetakan.
  • Jika cetakan kue sudah panas , selanjutnya silahkan ibu tuang adonan kue pancong ke dalam cetakan yang telah di panaskan.
  • Sebaiknya ibu usahakan dalam menuang adonan kue pancong ke cetakan agar sampai penuh , agar ketika kue telah matang kue pancong dapat terhubung satu sama lain.
  • Next , tambahkan keju pada bagian atas kue sebagai toping nya.
  • Kemudian tunggu kue pancong hingga matang sempurna, tandanya warna kue pancong berubah kecoklat – cokelatan.
  • Jika sudah matang , angkat kue pancong ke dalam wadah yang ibu inginkan hehe, dan kue pancong siap dinikmati.

Itulah tentang cara pembuatan kue pancong yang nikmat dan praktis, semoga ibu – ibu di rumah semakin kreatif ya. Jangan lupa update terus resep kue terbaru dari bundo dan jangan lupa juga berbagi ke sesama teman yang ada di facebook, twitter serta jejaring sosial lainnya yang kalian miliki. Saran bundo sih, jangan pelit ilmu dan jangan pelit harta hihihi. Semoga tutorial hari ini bisa membantu kalian ya bunda, semoga bermanfaat loh, wassalam.
Simak juga resep kue mangkok

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Kue Pancong Manis Khas Orang Betawi"

Post a Comment