free hit counter code

Cara Membuat Kue Putu Ayu Kukus Isi Gula Merah Yang Enak

Cara Membuat Kue Putu Ayu Kukus Isi Gula Merah Yang Enak

Resep membuat kue putu ayu gula merah - Assalamualaikum semua kawan bundo, bagaimana sudah siap untuk mengeksekusi resep kue terbaru dari blog kue omek ini ? Langsung saja yuk kita bahas! Kue putu merupakan salah satu jenis jajanan makanan tradisional yang sangat identik dengan tataran sunda, dan banyak sekali dijumpai di beberapa daerah termasuk salah satunya kota bandung. Bahan utama untuk pembuatan kue putu ialah tepung beras yang didalamnya di isi dengan menggunakan racikan gula merah yang begitu lezat. Yang bundo tau tentang kue putu ini yaitu memiliki empat jenis kue putu, pertama kue putu ayu yang kita bahas ini, kedua kue putu mayang, kue putu piring, putu bambu dan terakhir kue putu belanda. Dari keempat jenis kue putu itu semua enak loh, hampir sama semuanya, bagaimana ? Mau mencoba ?

Resep kue putu ayu gula merah ini merupakan salah satu dari tulisan bundo tentang resep kue putu dan masih banyak lagi aneka resep kue putu ayu yang akan bundo tulis dihari kemudian. Bagi yang suka dengan kue putu mayang, kue putu bambu dan kue putu lainnya harap bersabar ya guys, satu-satu akan bundo tulis di blgo ini. Pada dasarnya tepung beras lah bahan dasar pembuatan dan pengolahan kue ini guys, mau dibuat ketan hitam, atau dengan bentuk bihun yang enak atau bisa saja kue putu dengan bentuk seperti mie bihun dan semua terbuat dari tepung beras juga kue putu mayang bihun sama! Namun kreasinya agak berbeda tergantung keinginan si pembuatnya. Nah untuk mengetahui resep kue putu ayu enak ini bundo pernah membaca tips dari forum ncc, yang dimana kue putu tersebut menjadi lembut dan terserah kita ingin menambahkan bahan coklat sehingga menjadi modern lagi atau tidak. Namun pada umumnya kue ini berwarna hijau pandan yang dibuat dengan cara sederhana yakni di kukus.
Simak cara membuat kue putri ayu
Hai guys, sudah tahu bagaimana sih bentuk dan tekstur kue putu ini ? Kue putu memiliki tekstur yang begitu menggoda mata dan juga lidah, sehingga banyak sekali orang yang sangat merindukan jajanan demikian ini. Kue putu ini memang memiliki warna yang cukup menggoda selera ditambah dengan rasanya yang manis dan juga sangat lezat, anda pernah mencoba kue putu kacang hijau ? Jika belum, tunggu di resep kue berikutnya ya. Alasan kue ini mengoda lidah dikarenakan rahasia dalam pembuatan kue putu bandung yang legendaris ini dipadukan dengan menggunakan racikan gula merah dan juga taburan toping kelapa parut ketika sudah matang.

Jika anda sedang jalan – jalan dan anda singgah di daerah sunda khususnya bandung, jangan sampai lupa anda harus mencoba jajanan yang legendaris ini sebab anda akan menyesal jika tidak mencobanya bahkan jika perlu belilah sebanyak-banyaknya guna oleh-oleh keluarga yang lain supaya mencobanya. Namun dari pada itu jika anda ketagihan anda tak perlu lagi jauh-jauh untuk datang kebandung hanya untuk membeli kue putu yang legendaris ini, sekarang anda bisa membuatnya dengan menggunakan resep di blog ini.

Cara membuat kue putu ayu kukus dari tepung beras yang enak dan lembut isi gula merah sederhana khas makassar dan bandung ini sangat mudah, sama dengan putu bambu atau tanpa bambu loh. Kita bisa mengolah bahan-bahannya tanpa mixer, jadi yang tidak mempunyai mixer jangan khawatir karena kita tidak mempersulit untuk membuatnya. Jika anda bosan dengan kue putu pandan ini, anda bisa mencoba cara membuat kue putu labu. Tidak tahu bagaimana membuatnya ? Makanya terus update resep kue dari bundo omek ya guys. Nah sekarang langsung saja kita eksekusi bahan dan cara membuat kue putu ayu gula merah berikut ini.

Bahan Baku Kue Putu

  • Tepung beras ketan putih sebanyak 250 gram
  • Gula pasir putih sebanyak 2 sendok teh
  • Pasta pandan seperlunya
  • Gula merah yang dihaluskan
  • Kelapa parut sebanyak 250 gram
  • Air putih sebanyak 150 ml
Baca resep kue leker yang paling lezat

Cara Membuat Kue Putu Ayu Gula Merah

  1. Campurkan bahan – bahan seperti tepung beras ketan putih, gula pasir, garam dan kelapa parut, aduklah sampai dengan merata
  2. Siapkan air dan juga pasta pandan yang telah diaduk rata
  3. Tuangkan campuran air putih dan juga pasta pandan tadi dengan cara sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung
  4. Aduklah dengan terus menerus bahan-bahan yang telah tercampur tadi sampai menjadi adonan yang gembur atau bertabur
  5. Siapkan bambu yang dengan ukuran kecil untuk dijadikan sebagai cetakan kue putu lalu olesi dengan sedikit minyak
  6. Isilah setengah cetakan dengan adonan kue tadi, lalu untuk bagian atasnya isi dengan menggunakan gula merah yang telah dihaluskan dan tutup atasnya dengan adonan kue lagi
  7. Lalu kukuslah adonan kue putu tadi kira-kira selama kurang lebih 10 menit
  8. Setelah 10 menit, lalu balikan posisi adonan kue tadi dan tunggulah kira - kira 10 menit
  9. Angkatlah dan keluarkan kue putu dari cetakannya, dan kemudian sajikan

Sajikanlah kue putu ini dengan menggunakan tambahan parutan kelapa yang banyak supaya menambah rasa yang gurih dan juga lezat dalam menyantapnya. Selesai sudah akhirnya membuat kue putu yang sangat manis dan juga lembut. Kue putu biasanya juga bisa anda jumpai di sekitar rumah anda. Dari orang – orang yang berjualan keliling sekitar rumah. Dari pada beli ya meskipun harganya perbiji seribu rupiah lebih baik kita membuatnya sendiri. Akan lebih irit dan juga akan lebih banyak kita bisa menikmati kue yang lezat satu ini. Demikianlah informasi tentang resep kue putu yang dapat saya sampaikan kepada anda semua. Semoga dengan tulisan ini bisa memberi petunjuk dalam membuat kue putu yang anda inginkan.
Baca juga resep kue lapis legit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Kue Putu Ayu Kukus Isi Gula Merah Yang Enak"

Post a Comment