free hit counter code

Cara Mudah Membuat Kue Serabi Yang Enak dan Nikmat

Cara Mudah Membuat Kue Serabi Yang Enak dan Nikmat

Resep kue serabi – Assalamualaikum, bagaimana nih kabar kawan bundo semuanya. Hari ini kita coba bahas tentang cara membuat kue serabi yuk, barangkali kawan disini ingin banget mencoba untuk membuatnya. Banyak sekali jenis makanan tradisional yang berasal dari Indonesia, yang salah satunya terpopuler adalah kue serabi. Kue tersebut merupakan jenis jajanan ringan yang sangat terkenal di daerah Bandung. Berbagai varian dalam kue ini contohnya seperti kue serabi solo yang biasanya terbuat dari tepung beras, ada pula resep kue serabi dengan kuah, resep ini sudah menjadi resep tradisional di pulau jawa. Selain tepung beras ada pula yang membuatnya dengan tepung terigu dan kue ini memiliki berbagai aneka rasa yang bisa anda nikmati.

Pada kue serabi memliki dua jenis diantaranya adalah kue serabi dengan citarasa manis dan kue serabi dengan citarasa yang asin sedikit gurih. Kue serabi yang manis tersebut biasanya akan dipadukan dengan kinca. Nah, sedangkan yang asin biasanya akan ditaburi dengan oncom goreng pada bagian atasnya pada saat proses memasak. Selain kue serabi manis dan asin, adapula kue serabi dengan rasa keju loh, nikmatnya itu tidak bisa ditahan lagi di dalam lidah.
Coba juga resep kue sagu
Maka, dari itu pada pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang resep kue serabi yang memiliki citarasa yang manis. Kue jajanan pasar tersebut sudah mewabah ke berbagai daerah khususnya masyarakat bandung saja. Tetapi saat ini di daerah solo sudah banyak membuat kue yang enak ini loh kawan bundo, jadi bukan hanya di bandung saja. Aneka rasa kue serabi yang biasanya disajikan dengan rasa tradisional pun kini sudah menjadi modern, seperti penambahan pandan sehingga aroma harum akan tercium. Untuk anda yang tidak berada dikedua daerah itu, bukan berarti kue tersebut tidak bisa dinikmati oleh orang dari luar daerah bandung ya. Meskipun Kue tersebut sudah populer, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui proses resep dan cara membuat kue serabi nya. Silahkan berikut nanti perhatikan cara membuat nya pada resep yang akan dipaparkan oleh bundo nantinya.

Bahan Kue Serabi

  • 150 gram kelapa parut
  • 50 ml air daun suji
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Santan kelapa 500 ml
  • 220 gram tepung beras

Bahan Membuat Kinca

  • Sedikit garam halus
  • 1 lembar daun pandan disimpul
  • Santan kelapa 100 ml
  • Gula merah disisir halus 120 gram
  • 10 gram gula pasir
Baca juga resep kue lebaran terbaru
Setelah bahan dan beberapa peralatan membuat kue serabi sudah terkumpul semuanya, maka saat ini Anda selanjutnya harus bisa melakukan pengolahan kue serabi tersebut kawan. Pembuatan tersebut sangat sederhana tentunya dengan memperhatikan langkah - langkah yang bundo bagikan yakni sebagai berikut:

Cara Membuat Kue Serabi

  • Pada langkah yang awal untuk mempermudah pembuatan kue, maka persiapkanlah semuanya mulai dari bahan hingga alat - alatnya. Saling dekatkanlah keduanya tersebut. Agar nanti ketika proses pembuatan tidak usah kebingungan untuk mencarinya.
  • Langkah yang kedua parutlah kelapa yang sudah disiapkan tersebut. Kemudian campurkanlah kelapa yang telah di parut tersebut dengan tepung beras dan garam dalam satu wadah. Kemudian aduklah adonan tersebut hingga merata.
  • Setelah selesai mengaduk - aduknya hingga merata selanjutnya nyalakanlah kompor atau tungku tempat pemanasan. Gunakanlah api yang sedang - sedang saja tidak terlalu besar dan juga tak terlalu kecil. Kemudian rebuslah santan kelapa yang menjadi adonan tersebut, hingga mendidih sambil diaduk - aduk secara berkala.
  • Setelah terlihat menunjukkan kematangan kemudian angkatlah santan tadi. Kemudian tuangkanlah rebusan santan tersebut kedalam campuran tepung dengan metode sedikit demi sedikit sambil diaduk secara perlahan.
  • Bentuklah kue serabi tersebut dengan cara menuangkan adonan setiap 1 sendok sayur kedalam cetakan tanah liat yang sudah panas.
  • Kemudian tutuplah adonan dan tunggu hingga mengindikasikan benar - benar matang. Setelah terlihat matang maka angkatlah dan tunggulah hingga terasa hangat.
  • Sambil menunggu kue nya hangat Anda bisa menyiapkan untuk membuat kincanya. Pembuatan kinca ini sangatlah mudah sebenarnya, sebagai berikut:
  • Caranya adalah dengan dengan mencampurkan semua bahan yang telah disediakan di atas.
  • Setelah tercampur merata kemudian direbuslah hingga mendidih dan larut.
  • Setelah kue serabi sudah hangat maka sajikanlah kue serabi tersebut dengan dituangi kinca yang sudah matang, maka kue serabi sudah siap untuk Anda santap.

Demikianlah kawan bundo yang bundo bahas dalam artikel ini tentang resep cara membuat kue serabi ini, semoga tulisan yang bundo bagikan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda semuanya. Dan pastinya yang terutama untuk menambah beberapa referensi dalam membuat kue di dapur kesayangan anda. Jangan lupa dibagikan tulisan ini melalui jejaring sosial anda, jangan lupa pula untuk membagikan ide - ide lainnya dan secepatnya akan bundo tulis permintaan resep kalian itu ya, salam.
Baca juga resep kue lumpur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Kue Serabi Yang Enak dan Nikmat"

Post a Comment