free hit counter code

Cara Sederhana Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Empuk

Cara Sederhana Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Empuk

Resep kue cucur gula merah berserat pandan wangi - Assalamualaikum kawan bundo, ada yang tahu apa itu cucur ? Nah jika ada yang belum tahu, itulah yang akan kita bahasa guys. Kita akan membahas bagaimana cara membuat kue cucur berserat dengan resep nya yang menggunakan gula pasir atau putih dan ada pula kue cucur pandan yang enak dan empuk juga loh, pastinya berwarna hijau. Kue khas dari betawi ini biasanya sih menggunakan campuran gula merah, bukan dari kota jakarta saja di kota manado juga sama kawan.

Kue tradisional yang rasanya manis berbentuk bulat seperti lingkaran dan renyah pada bagian pinggirnya yang berasal Indonesia yang sampai saat ini masih banyak peminat kue ini loh. Dalam acara adat budaya tertentu kue ini wajib disajikan, namun beberapa daerah mungkin berbeda – beda seperti jakarta dan manado.
Baca juga cara membuat kue pancong paling lezat
Untuk membuat kue ini tidak memerlukan bahan yang banyak, namun pada saat pengerjaan nya ibu – ibu harus banyak bersabar, karena harus diolah satu – persatu. Sekarang kue ini sudah banyak di jual di pasar – pasar dan di warung – warung karena peminat kue ini lumayan lah banyak loh. Jika anda ingin membuatnya, pasti bunda disini mungkin akan mencarinya di internet dan pasti akan banyak menemukan berbagai resep kue cucur seperti resep kue cucur berserat pandan wangi dari forum ncc yang khas. Kue cucur seperti di jawa timur dan manado biasanya memiliki tektur yang empuk. Cara membuat kue cucur ini pun sangat mudah, tertarik untuk mencobanya?

Secara umum bahan dan resep membuat kue cucur yang enak ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan gula merah, dengan campuran air yang kemudian di goreng sedemikian rupa, kebayang kan bun ? buat ibu – ibu ada baiknya mencoba di rumah untuk di santap bersama keluarga. Beragam kue tradisional nusantara yang walaupun dengan bahan yang dan pembuatan yang sederhana tetapi kue ini menjadi salah satu favorit oleh sebagian orang. Belum tahu bagaimanan resep dan cara membuat kue cucur, langsung simak aja yuk tentang proses pembuatan nya segera.

Bahan Kue Cucur

  • Minyak goreng secukupnya
  • Air sebanyak 300 ml
  • Garam ¼ sendok teh
  • Daun pandan sebanyak 2 lembar
  • Gula merah 125 gram
  • Tepung beras 125 gram
  • Tepung terigu 30 gram
Baca juga: resep cake spekuk yang unik

Cara Membuat Kue Cucur Yang Enak

  • Pertama – tama rebus air sebanyak 300 ml kemudian tuangkan gula merah, masukkan daun pandan sambil mengaduk – aduk, setelah gula larut semua. saring hasil rebusan kemudia danbiarkan tetap hangat.
  • Selanjutnya, pada wadah yang berbeda campurkan tepung terigu, tepung beras dan garam tuangkan perlahan – lahan larutan gula sambil mengaduk–aduk hingga larutan gula habis.
  • Jika adonan sudah jadi, maka selanjutnya diamkan adonan sekitar 35 - 40 menit.
  • Panaskan minyak goreng secukupnya, sebaiknya menggunakan wajan baja agar hasil nya lebih maksimal, dan hasil gorengan matang hingga ke dalam.
  • Kemudian masukkan adonan cucur ke dalam wajan, lalu siram - siramkan minyak gorang ke adonan itu.
  • Lalu, perhatikan bagian pinggir cucur, jika sudah agak mongering tambahkan sedikit adonan ke bagian tengah cucur hingga membentuk gunung, dan siram – siram kembali.
  • Untuk menentukan cucur sudah matang atau belum, tusuk bagian tengah cucur dengan lidi atau dengan tusuk gigi. jika matang angkat dan sisihkan, lalu tuang adonan selanjutnya.
  • Jika cucur tadi sudah matang, ibu dapat mengangkat nya, dan kue cucur siap untuk di santap.

Mudah sekali kan bun setelah melihat proses dan cara membuat kue cucur yang enak dan empuk ini ? Secepatnya ya bun dicoba di rumah masing-masing, sambil berkarya dengan tangan mungil kita akan membuat rasa sayang suami menjadi bertambah loh, percaya deh! Selamat bereksperimen dan menikmati kue ini bersama keluarga tercinta, dan ingat resepnya silahkan dibagikan juga klik tombol share nya ya. Untuk pertemuan berikutnya akan admin bagikan resep kue cucuru bayao, apa itu kur cucuru bayao ? Tunggu saja resepnya di blog kue omek, semoga bermanfaat.
Baca juga resep kue pisang yang enak dan kenyal

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Sederhana Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Empuk"

  1. Wah pengeeenn. Tapi ini perlu pakai wajan anti lengket nggak ya? pake wajan teflon biasa gitu bisa nggak? takutnya hancuur salah pake alat. izin catet atau copas resepnya yaa, thanks.. Artikelnya simple dan mudah diikuti. ^^

    ReplyDelete